Detail Cantuman Kembali
TASYA NADINA FIRYAL - Personal Name

Klasifikasi Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Menggunakan Metode Naïve Bayes

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) merupakan salah satu instansi pemerintahan yang bergerak dalam penyelenggara dibidang pelayanan publik. Mengutip dari laporan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) milik DPMPTSP pada tahun 2021 menjelaskan bahwa masih adanya keluhan-keluhan yang disampaikan oleh masyarakat melalui berbagai media massa dan jejaring sosial lainnya perihal pelayanan yang telah diberikan. Berdasarkan keluhan tersebut dapat dikatakan jika kualitas pelayanan menjadi salah satu faktor dalam meningkatkan kepuasan masyarakat. Tujuan penelitian ini yaitu menerapkan metode Naïve Bayes sebagai model atau alat ukur untuk mengklasifikasikan kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan yang ada di DPMTSP Kabupaten Berau. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa data SKM milik DPMPTSP Kabupaten Berau pada tahun 2020 hingga 2021.Pengujianyang dilakukanpada metode Naïve Bayes menggunakan 300 dataset dengan komposisi pembagian data 70:30 dimana 210 data urut awal digunakan sebagai data training sedangkan 90 data urut akhir digunakan sebagai data testing. Hasil pengujian dengan confusion matrix mult-class pada komposisi data 70:30 diperoleh Accuracy sebesar 0,8111. Selain itu, penelitian ini menggunakan komposisi data 80:20 dan 60:40 sehingga Accuracy yang diperoleh pada masing-masing komposisi adalah 0,8666 dan 0,8583. Pengujian sistem dilakukan dengan blackbox testing dan hasil yang didapatkan bahwa sistem dapat dijalankan dengan baik. Pada penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi untuk menentukan kebijakan-kebijakan baru yang berkaitan dengan Kualitas Pelayanan di DPMPTSP Kabupaten Berau.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Klasifikasi Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Menggunakan Metode Naïve Bayes
Pengarang TASYA NADINA FIRYAL - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI TAS k 2022
Subyek Klasifikasi, Naïve Bayes, Kepuasan,
Kualitas Pelayanan, Confusion Matrix Multi-Class
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan INFORMATIKA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPA. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua