Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Mulawarman
Kecerdasan emosional merupakan kemampuan seseorang mengatur emosi, menjaga emosi dan pengungkapannya melalui kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi diri, empati dan keterampilan sosial. Kecerdasan emosional adalah salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Mulawarman. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex-postfacto. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Kimia angkatan Universitas Mulawarman angkatan 2018-2022. Sampel penelitian berjumlah 140 mahasiswa, yang diambil dengan teknik simple random sampling.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan memanfaatkan layanan google form. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kecerdasan emosional mahawiswa berada pada kategori sedang dan rata-rata prestasi belajar mahasiswa berada pada kategori sedang. Hasil analisis menunjukkan bahwakecerdasan emosionaltidak berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Mulawarman.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Mulawarman |
---|---|
Pengarang | Cahyani Puspita Sari - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI CAH P 2022 |
Subyek | Keterampilan Sosial Kesadaran Diri Pengaturan Diri Motivasi Diri Empati |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Kimia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY