Detail Cantuman Kembali
WIDYA ASMARA - Personal Name

ANALISIS BIAYA DAN WAKTU DENGAN MENGGUNAKAN METODE TIME COST TRADE OFF PADA PROYEK PEMBANGUNAN MALL PELAYANAN PUBLIK

Pelaksanaan pembangunan proyek harus diperhitungkan dan diatur sedemikian rupa baik dari segi waktu maupun biaya agar dapat tercapainya hasil yang maksimal. Salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah dengan adanya melakukan percepatan. Dalam melakukan percepatan ada beberapa faktor yang harus diperhatikan yaitu waktu dan biaya, sehingga diperoleh waktu optimum dan biaya optimum sesuai yang diinginkan. Penelitian ini menggunakan data dari pelaksanan Proyek Pembangunan Mall Pelayanan Publik.

Alternatif percepatan yang digunakan yaitu penambahan dua jam kerja jam lembur tanpa adanya penambahan tenaga kerja. Perhitungan dimulai dengan mencari lintasan kritis menggunakan Microsoft Project 2016, metode PDM. Kemudian dilakukan crashing untuk mendapatkan cost slope kegiatan yang berada pada lintasan kritis, selanjutnya dilakukan analisis untuk mendapatkan biaya dan waktu yang optimum.

Dari hasil analisis diperoleh waktu dan biaya optimum pada penambahan dua jam kerja yaitu 42 hari dengan biaya total Rp. 975.294.655. Sehingga, persentase percepatan waktu penyelesaian proyek adalah 0.42 % dan persentase pengurangan biaya adalah 0.38%.

Kata Kunci: Crash Program, Cost Slope, PDM, Microsoft Project 2016

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS BIAYA DAN WAKTU DENGAN MENGGUNAKAN METODE TIME COST TRADE OFF PADA PROYEK PEMBANGUNAN MALL PELAYANAN PUBLIK
Pengarang WIDYA ASMARA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI WID a 2022
Subyek Crash Program, Cost Slope, PDM, Microsoft Project
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan TEKNIIK SIPIL
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua