Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di SMA Negeri 13 Samarinda
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar di SMA Negeri 13 Samarinda.Penelitian ini merupakan penelitian korelasi karena bermaksud mengungkapkan hubungan antara variabel bebas dan variabel terkait,penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Objek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 yang berjumlah total 60 siswa di SMA Negeri 13 Samarinda. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis korelasi productmoment dan perhitungan uji t (Uji Parsial).
Berdasarkan hasil analisis data terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Negeri 13 Samarinda. Hal ini dapat dibuktikan denganttabel hasil N=60 pada taraf signifikan 5% atau 0.05 diperoleh nilai rtabel= 0,254. rxyyang diperoleh sebesar 0,436 adalah lebih besar dari pada rtabel(pada taraf signifikan 5%=0,254). Sehingga diperoleh rtabel(5%)2,000, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga menunjukkan bahwa ada hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran EkonomiKelas XI di SMA Negeri 13 Samarinda”.
Kata Kunci:Hubungan, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di SMA Negeri 13 Samarinda |
---|---|
Pengarang | Riszky Apriani - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RIS h 2022 |
Subyek | Hubungan, Motivasi Belajar, Hasil Belajar |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY