PENGARUH PEMUJAAN SELEBRITI DAN KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA KOMUNITAS PENGGEMAR BTS
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemujaan selebriti dan kesejahteraan subjektif terhadap perilaku konsumtif pada komunitas penggemar BTS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 133 penggemar yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala perilaku konsumtif, pemujaan selebriti, kesejahteraan subjektif. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh pemujaan selebriti terhadap perilaku konsumtif apda penggemar dengan koefisien beta (β) = 0.403, serta nilai t hitung > t tabel (5.110 > 1.657 dan nilai p = 0.000 (p < 0.05); (2) ada pengaruh kesejahteraan subjektif terhadap perilaku konsumtif pada penggemar dengan koefisien beta (β) = 0.160, serta nilai t hitung > t tabel (2.031 > 1.657) dan nilai p = 0.044 (p < 0.05); (3) ada pengaruh pemujaan selebriti dan kesejahteraan subjektif terhadap perilaku konsumtif pada penggemar dengan nilai f hitung > f tabel (15.798 > 3.07) dan nilai p = 0.000 (p < 0.05). Kontribusi pemujaan selebriti dan kesejahteraan subjektif terhadap perilaku konsumtif pada penggemar adalah sebesar 0.183 (18.3 persen). Kata Kunci : Perilaku Konsumtif, Pemujaan Selebriti, Kesejahteraan Subjektif.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH PEMUJAAN SELEBRITI DAN KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA KOMUNITAS PENGGEMAR BTS |
---|---|
Pengarang | OCTAVIANI TRIVENA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI OCT p 2022 |
Subyek | Perilaku Konsumtif, Pemujaan Selebriti, Kesejahter |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | PSIKOLOGI |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY