Detail Cantuman Kembali
ZULFAHMI JUFRI - Personal Name

ANALISIS SENTIMEN MASYARAKAT MENGENAI PEMBERLAKUAN KEBIJAKAN PPKM PADA KOMENTAR FACEBOOK MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM)

Facebook adalah media yang sering digunakan untuk membagikan informasi berupa tulisan maupun video. Menurut laporan statista, telah terbukti mencapai 129 juta pengguna Facebook berasal dari penduduk Indonesia terhitung pada Januari tahun 2022. Beberapa waktu lalu masyarakat Indonesia dihebohkan dengan keputusan yang diumumkan oleh Presiden Joko Widodo mengenai PPKM salah satunya melalui Facebook. Analisis sentimen dilakukan untuk melihat kecenderungan opini positif maupun negatif, oleh karena itu penelitian ini menganalisis sentimen masyarakat pada media sosial Facebook sebagai antisipasi penanganan pandemi selanjutnya. Metode yang digunakan yaitu Support Vector Machine (SVM) sedangkan untuk pembobotan kata digunakan metode TF-IDF. Adapun data yang digunakan adalah data komentar di salah satu postingan Presiden Joko Widodo dalam rentang tahun 2021 sebanyak 1000 data. Hasil pengujian Confusion Matrix dengan skenario 5-Fold Cross Validation didapatkan akurasi 80,03%, recall 58,06%, dan presisi 75,70%.
Kata kunci : Analisis Sentimen, Facebook, PPKM, Support Vector Machine (SVM).

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS SENTIMEN MASYARAKAT MENGENAI PEMBERLAKUAN KEBIJAKAN PPKM PADA KOMENTAR FACEBOOK MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM)
Pengarang ZULFAHMI JUFRI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ZUL a 2022
Subyek Analisis Sentimen, Facebook, PPKM, Support Vector
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan Informatika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua