Detail Cantuman Kembali
TRINI HARIYANTI - Personal Name

Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Pair Check Terhadap Kemampuan Analisis Siswa di SMA Negeri 4 Samarinda (Materi: Reaksi Reduksi dan Oksidasi)

Trini Hariyanti, 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Pair Check Terhadap Kemampuan Analisis Siswa di SMA Negeri 4 Samarinda (Materi: Reaksi Reduksi dan Oksidasi). Penelitian ini dibimbing oleh Dr. H. Usman M.Si. selaku dosen pembimbing I dan Dr. Hj. Nurlaili, M.P. selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran cooperative learning type pair check terhadap kemampuan analisis siswa pada pokok bahasan reaksi reduksi dan oksidasi di SMA Negeri 4 Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian purposive sampling yaitu posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 4 Samarinda. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling yaitu kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 1 sebagai kelas kontrol dengan masingmasing kelas berjumlah 30 siswa. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran cooperative learning type pair check sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes dan teknik non-tes. Teknik tes terdiri dari nilai posttest disetiap pertenuan dan nilai akhir ulangan harian, teknik non-tes menggunakan lembar observasi kegiatan guru dan siswa. Data hasil akhir ulangan harian dianalisis menggunakan uji F dan uji t. Rata-rata hasil kemampuan analisis siswa kelas eksperimen adalah 76,74 dan kelas kontrol adalah 68,87. Persentase rata-rata kegiatan guru pada kelas eksperimen sebesar 91,23%, pada kelas kontrol sebesar 92,22% dengan kategori sangat baik. Persentase rata-rata kegiatan siswa pada kelas eksperimen sebesar 97,89% dengan kategori sangat baik, pada kelas kontrol sebesar 90,28% dengan kategori sangat baik. Data rata-rata hasil kemampuan analisis siswa dianalisis, diperoleh thitung 6,45 > ttabel 1,67. Hasil analisis rata-rata hasil kemampuan analisis siswa setelah perlakuan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model cooperative learning type pair check terhadap kemampuan analisis siswa pada materi reaksi reduksi dan oksidasi.
Kata kunci: Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Pair Check, Kemampuan Analisis Siswa dan Reaksi Reduksi dan Oksidasi

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Pair Check Terhadap Kemampuan Analisis Siswa di SMA Negeri 4 Samarinda (Materi: Reaksi Reduksi dan Oksidasi)
Pengarang TRINI HARIYANTI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI TRI p 2022
Subyek Model Pembelajaran Cooperative Learning
Cooperative Learning Type Pair Check
Kemampuan Analisis Siswa dan Reaksi Reduksi
Reaksi Reduksi dan Oksidasi
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN KIMIA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPA. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua