Detail Cantuman Kembali
MUHAMMAD AFIQ IZZUDDIN - Personal Name

Perbedaan Tajam Penglihatan Pascaoperasi Fakoemulsifikasi antara Pasien Katarak dengan Diabetes Mellitus dan Tanpa Diabetes Mellitus

Latar Belakang. Fakoemulsifikasi diketahui sebagai salah satu modalitas utama dalam terapi katarak untuk memperbaiki tajam penglihatan pasien. Hasil tajam penglihatan pasien pascaoperasi belum tentu selalu baik, hal ini dapat dipengaruhi oleh riwayat penyakit terdahulu, salah satunya ialah diabetes mellitus (DM).
Tujuan. Mengetahui perbedaan tajam penglihatan pascaoperasi fakoemulsifikasi pada pasien katarak dengan DM dan tanpa DM di Klinik Mata SMEC Samarinda.
Metode. Penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional. Data penelitian diambil dari rekam medik di Klinik Mata SMEC Samarinda dengan metode purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah pasien katarak dengan DM dan tanpa DM yang telah menjalani operasi fakoemulsifikasi dan dilakukan pemeriksaan tajam penglihatan pada saat kontrol satu bulan setelah operasi fakoemulsifikasi serta memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Analisis statistik dilakukan menggunakan uji Mann-Whitney dan uji regresi logistik berganda.
Hasil. Didapatkan sebanyak total 110 sampel yang terdiri dari 55 sampel katarak dengan DM dan 55 sampel katarak tanpa DM. Dari hasil uji Mann-Whitney tidak terdapat perbedaan signifikan hasil tajam penglihatan pascaoperasi fakoemulsifikasi antara pasien katarak dengan DM dan tanpa DM dengan nilai p adalah 0.509. Pada uji regresi logistik berganda didapatkan tidak ada satupun variabel perancu, yaitu usia (p=0.490) dan jenis kelamin (p=0.711) berhubungan dengan hasil tajam penglihatan pascaoperasi.
Kesimpulan. Tidak terdapat perbedaan signifikan hasil tajam penglihatan pascaoperasi fakoemulsifikasi antara pasien katarak dengan DM dan tanpa DM serta tidak terdapat hubungan antara variabel perancu (usia dan jenis kelamin) dengan hasil tajam penglihatan pascaoperasi fakoemulsifikasi.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Perbedaan Tajam Penglihatan Pascaoperasi Fakoemulsifikasi antara Pasien Katarak dengan Diabetes Mellitus dan Tanpa Diabetes Mellitus
Pengarang MUHAMMAD AFIQ IZZUDDIN - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MUH p 2022
Subyek Katarak, fakoemulsifikasi, tajam penglihatan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Kedokteran
Jurusan KEDOKTERAN
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua