Detail Cantuman Kembali
GIATNO - Personal Name

Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar Islam Terpadu di Kota Balikpapan.

GIATNO. 2021. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar Islam Terpadu di Kota Balikpapan. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Rahmat Soe’oed, MA. dan Dr. Azainil, M.Si.
Penelitian ini bertujuan: (1) mendiskripsikan implementasikan MBS oleh kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDIT Ibnu Hajar Balikpapan, (2) mendiskripsikan partisipasi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan terhadap implementasi MBS dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDIT Ibnu Hajar Balikpapan, (3) mendiskripsikan partisipasi komite sekolah terhadap implementasi MBS dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDIT Ibnu Hajar Balikpapan. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ibnu Hajar di kota Balikpapan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Perencanaan program dilakukan menjelang awal tahun pelajaran yang meliputi tujuan, kegiatan, sumber daya, waktu dan tempat pelaksanaan serta estimasi biaya operasional. Kepala sekolah senantiasa melibatkan seluruh pihak. Dengan demikian, keputusan yang diambil menjadi keputusan partisipatif. Pengorganisasian atau pendelegasian di SDIT Ibnu Hajar Balikpapan berdasarkan keahlian SDM dengan kebutuhan di lapangan. Alur pendelegasian tebagi menjadi dua jalur, yaitu melalui rekomendasi kepala sekolah dan direktur operasional. Pelaksanaan program-program mengacu pada peningkatan pelayanan dan mutu pendidikan. Pengawasan pelaksanaan program dilakukan secara sistematis dan humanis dengan melakukan pemanggilan secara personal, diskusi dan pendampingan, (2) Partisipasi tenaga pendidik dan tenaga pendidikan di SDIT Ibnu Hajar Balikpapan di antaranya PPDB, rekrutmen SDM, perencanaan kurikulum, pengawasan kedisiplinan, dan mengedarkan informasi melalui media sosial. (3) Partisipasi komite sekolah adalah turut mengawasi pelaksanaan program dan terlibat dalam berbagai kegiatan sekolah.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar Islam Terpadu di Kota Balikpapan.
Pengarang GIATNO - Personal Name
No. Panggil TESIS GIA i 2022
Subyek Implementasi,
Manajemen Berbasis Sekolah, Mutu
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua