Detail Cantuman Kembali

Sejarah Terbentuknya Kota Bontang Periode 1975-1989

Anggun Kofifatus S, 2022. Sejarah Terbentuknya Kota Bontang. Penelitian ini di bawah bimbingan Dr. Jamil, S.Pd., M.AP, selaku pembimbing I dan Sainal A, M.Pd selaku pembimbing II.
Pembentukan dan perkembangan Kota Bontang didukung penuh oleh pemerintah dan dua perusahaan besar yang berdiri yakni PT. Pupuk Kaltim dan PT. Badak LNG dan Bontang kini disebut sebagai kota Industri. Hal ini tentunya merubah taraf hidup, serta kondisi sosial dan ekonomi masyarakat kota Bontang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui periode awal terbentuknya Kota Bontang 1975-1989, (2) Mengetahui kondisi sosial-ekonomi Kota Bontang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian sejarah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pembentukan awal Kota Bontang, berawal dari sebuah desa yang berpenduduk masyarakat suku Bajau dan matapencaharian sebagai nelayan dan petani. Perkembangan Kota Bontang semakin terlihat pada tahun 1975 saat dua perusahaan besar berdiri di Bontang. Pada 21 Januari 1960 dibentuk Kabupaten Daerah Tingkat II Kutai yang meliputi 30 Kecamatan, salah satu kecamatan yakni; Kecamatan Bontang Baru. Pada 1989 Bontang menjadi kota administratif dan pada 12 Oktober 1999 Bontang resmi menjadi Kota Mandiri, (2) Perkembangan taraf hidup masyarakat kini berkembang seiring perkembangan waktu dan tentunya perkembangan ini mempengaruhi aspek ekonomi, sosial, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Sejarah Terbentuknya Kota Bontang Periode 1975-1989
Pengarang ANGGUN KHOFIFATUS SYAKDIYAH - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ANG s 2022
Subyek Pembentukan Kota, Kota Bontang, Sejarah Bontang
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN SEJARAH
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua