Detail Cantuman Kembali
SAPARUDDIN PANGGABEAN - Personal Name

Perjuangan Rakyat Sambutan Dalam Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia Di Samarinda Tahun 1947.

Saparuddin. P , 2021. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Perjuangan Rakyat Sambutan Dalam Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia Di Samarinda Tahun 1947. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Moh. Bahzar, M.Si selaku pembimbing I, dan Sainal A., M. Pd. Selaku pembimbing II.
Peneltian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang Perjuangan rakyat sambutan dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia di Samarinda tahun 1947. Penelitian ini, bertujuan untuk memaparkan mengenai latarbelakang perjuangan rakyat dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia, Sambutan di Samarinda pada tahun 1947. Selain itu penelitian ini juga membahas mengenai dampak perjuangan rakyat Sambutan dalam mempertahankan Indonesia di Samarinda. Adapun, penelitian yang digunakan untuk mengkaji topik tersebut yakni penelitian sejarah, oleh sebab itu, penelitian ini menggunakan metode sejarah dengan tahapan yaitu heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam usaha mempertahankan kemerdekaan Indonesia di Samarinda, dipelopori oleh para revolusioner dari kalangan rakyat Sambutan, perjuangan di mulai dengan perjuangan yakni, para revolusioner membentuk berbagai organisasi ini bergerak melalui rakyat BP3KRI. PKR, KIM dan BPRI melakukan perlawanan bersenjata dan menjadi gerilyawan. Peristiwa Sambutan tahun 1947 tersebut berdampak pada aspek politik dan sosial - ekonomi masyarakat di Samarinda. Dalam aspek politik dampak yang ditimbulkan terganggunya stabilitas politik dan munculnya gaya kolonialisme baru yang disebut “politik etis”. Sedangkan, pada bidang sosial – ekonomi menimbulkan inflasi, adanya blokade ekonomi, kekosongan kas negara, ekploitasi besar – besaran oleh masyarakat nonpribumi dan dikeluarkannya uang kertas baru ORI (Oeang Republik Indonesia).

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Perjuangan Rakyat Sambutan Dalam Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia Di Samarinda Tahun 1947.
Pengarang SAPARUDDIN PANGGABEAN - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SAP p 2022
Subyek Perjuangan rakyat Sambutan
kemerdekaan Indonesia
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN SEJARAH
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua