Detail Cantuman Kembali
AKELUS SETYO WAHYU - Personal Name

KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN PERSAMAAN KUADRAT KELAS XI OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN SMK NEGERI 18 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2021/2022

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan penelititan ini adalah untuk mengetahui jenis kesalahan dan faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas XI Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) SMK Negeri 18 Samarinda Tahun Ajaran 2021/2022 dalam menyelesaikan persamaan kuadrat.
Subjek penelitian adalah siswa kelas XI OTKP di SMK Negeri 18 Samarinda, sedang objek pada penelitian ini adalah kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan persamaan kuadrat. Data penelitian diperoleh dari observasi, dan wawancara. Observasi dilakukan sebanyak 5 kali pertemuan, dan wawancara dilakukan kepada 8 siswa, dan 1 guru. Validasi data dilakukan dengan triangulasi waktu yaitu mengumpulkan data pada waktu yang berbeda. Data yang dikumpulkan adalah kesalahan pada hasil pekerjaan tugas 1 dan tugas 2, beserta wawancara dengan siswa mengenai kesalahan pada hasil pekerjaan tugasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 4 jenis kesalahan yaitu kesalahan konsep, kesalahan prinsip, kesalahan perhitungan, dan kesalahan kecerobohan. Sedangkan faktor penyebabnya antara lain siswa hanya memperhatikan angka (koefisien, dan konstanta) tanpa memperhatikan tanda positif dan negatifnya saat menentukan nilai a, b, dan c dari persamaan kuadrat pada soal, dan siswa tidak dapat menentukan hasil operasi hitung bilangan bulat dan penarikan akar.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN PERSAMAAN KUADRAT KELAS XI OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN SMK NEGERI 18 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2021/2022
Pengarang AKELUS SETYO WAHYU - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI AKE k 2022
Subyek Jenis kesalahan
FAKTOR KESALAHAN
PERSAMAAN KUADRAT
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN MATEMATIKA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua