ANALISIS FRAMEWORK S-O-R MENGENAI ONLINE SHOPPING VALUE DAN WEB SATISFACTION TERHADAP PURCHASE INTENTION
Transaksi berbelanja online pada e-commerce di Indonesia kian meningkat. Pelaku e-commerce terus berupaya dan menyusun strategi guna menarik pengguna dalam berbelanja online. Penelitian ini berupaya menganalisis melalui framework SOR (Stimulus, Organism, Response) pada faktor pendorong pengguna e-commerce khususnya Shopee dalam melakukan pembelanjaan online berkenaan dengan online shopping value dan web satisfaction yang diberikan pada layanan Shopee, permasalahan berkenaan dengan tingginya angka belanja e-commerce dan besarnya pengeluaran impulsif yang dilakukan masyarakat didorong dengan banyaknya program big sale yang ditampilkan. Pendekatan penelitian ini secara kualitatif melalui analisis deskriptif hasil perolehan kuesioner 385 responden di Indonesia menggunakan Skala Guttman dan wawancara 10 informan sebagai pendukung data empiris. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis alasan konsumen dalam memutuskan pembelian online di Shopee. Hasil dari penelitian ini diperoleh nilai koefisien reprodusibilitas 0.94 dan koefisien skalabilitas 0.63, dengan uji reliabel melalui rumus Richard Kuderson (KR20) sebesar 0.2 yang dinyatakan valid dan reliabel. Selain itu, faktor pendorong purchase intention yang paling utama diperoleh dari penelitian ini yaitu pada fitur gratis ongkir dengan persentase 48.1%. Rekomendasi penelitian di masa mendatang tentunya memfokuskan penelitian pada momen puncak belanja online, seperti big sale Ramadhan, dan perayaan hari belanja nasional dan lainnya. Selain itu, memperluas responden dan informan, guna memperluas kajian dan melakukan re-design terkait framework yang digunakan.
Kata kunci : Framework SOR, E-Commerce, Web Satisfaction, Online Shopping Value.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS FRAMEWORK S-O-R MENGENAI ONLINE SHOPPING VALUE DAN WEB SATISFACTION TERHADAP PURCHASE INTENTION |
---|---|
Pengarang | SARTIKA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SAR a 2022 |
Subyek | Framework SOR, E-Commerce, Web Satisfaction, Onlin |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | ADMINISTRASI BISNIS |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY