PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 NYUATAN
Frisca Agustianti, 2022. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Nyuatan. Penelitian ini di bawah bimbingan Dr. Sudarman, S.Pd sebagai pembimbing I dan Drs. Kadori Haidar, MM sebagai pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran Team Assisted Individualization untuk menigkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Nyuatan.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang bertempat di SMA Negeri 1 Nyuatan. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI dengan jumlah 17 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus yang mana setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan untuk menilai keaktifan siswa melalui observasi dan menilai hasil belajar siswa melalui tes tertulis. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus mean, ketuntasan belajar klasikal.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan diterapkannya Team Assisted Individualization pada setiap siklusnya, pada siklus I nilai rata-rata keaktifan belajar siswa 63.45% dan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 68.23 (58.82%) sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata keaktifan siswa 79.64% dan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II yaitu 78.82 (82,35%). Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization ini dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Nyuatan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 NYUATAN |
---|---|
Pengarang | FRISCA AGUSTIANTI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI FRI p 2022 |
Subyek | Team Assited Individualization, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN EKONOMI |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY