Detail Cantuman Kembali
SUMIATI - Personal Name

Evaluasi Terhadap Total Bakteri Air Scalding Ayam Broiler di Tempat Pemotongan Unggas di Kota Samarinda

Air scalding merupakan air panas dengan suhu 52ºC-80ºC digunakan sebagai pencelupan ayam yang telah dipotong bertujuan untuk mempermudah proses pencabutan bulu. Pada proses scalding ini dapat terjadinya kontaminasi silang mikroba pada daging ayam. Maka dilakukan penelitian Evaluasi Terhadap Total Bakteri Air Scalding Ayam Broiler di Tempat Pemotongan Unggas di Kota Samarinda yang bertujuan mengetahui jumlah total bakteri tempat pemotongan unggas di Kota Samarinda dan kesesuaian suhu dan waktu scalding yang digunakan.
Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2021 di UPTD Laboratorium Kesehatan hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Provinsi Kalimantan Timur dengan menggunakan sampel yang diambil dari 7 Kecamatan di Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode Total Plate Count (TPC) dan menggunakan rumus Slovin. Pengambilan sampel dilakukan di 7 Kecamatan sebanyak 15 sampel tempat pemotongan unggas yang ada di Kota Samarinda.
Penelitian menunjukan Total bakteri pada air scalding di Tempat Pemotongan Unggas (TPU) di Samarinda menunjukan hasil sebesar 47% atau 7 TPU < 1 x 102 Cfu g-1dan sebesar 53% atau 8 TPU dengan jumlah total bakteri diantara 1 x 105 Cfu g-1 sampai dengan 1 x 106 Cfu g-1. Suhu dan waktu scalding yang digunakan di Tempat Pemotongan Unggas (TPU) di Samarinda yaitu suhu air scalding 52( – 55(C sebesar 7 TPU atau 47% dan 8 TPU atau 53% masih menggunakan suhu air scalding ≥ 60(C. waktu pencelupan yang memenuhi SNI sebanyak 13 TPU atau 87%.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Evaluasi Terhadap Total Bakteri Air Scalding Ayam Broiler di Tempat Pemotongan Unggas di Kota Samarinda
Pengarang SUMIATI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SUM p 2022
Subyek Air scalding, jumlah total bakteri, tempat pemoton
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Peternakan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua