Detail Cantuman Kembali
ANNISA NABILA - Personal Name

PENGGUNAAN APLIKASI RAPIDMINER DALAM PENERAPAN DATA MINING METODE K-MEANS PADA UNMET NEED KB (KELUARGA BERENCANA) DI INDONESIA TAHUN 2017-2020 (ANALISIS DATA SDKI, SKAP DAN SUSENAS 2017-2020)

Tingginya kejadian unmet need KB masih menjadi masalah dalam pelayanan KB yang berdampak pada peningkatan kejadian kehamilan yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, perlu dilakukan penerapan data mining dengan metode K-means pada pengelompokan provinsi di Indonesia agar dapat diketahui wilayah mana yang menjadi prioritas dalam mengurangi kejadian unmet need. Penelitian ini bertujuan untuk mengelompokkan provinsi di Indonesia berdasarkan kejadian unmet need dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Metode penelitian menggunakan teknik data mining dengan metode K-means dibantu dengan aplikasi Rapidminer. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat dua kelompok cluster berdasarkan faktor yang mempengaruhi kejadian unmet need terbagi menjadi dua jenis kategori yaitu kategori kejadian unmet need rendah berada pada cluster 1 (23 provinsi) dan kategori kejadian unmet need tinggi terdapat pada cluster 2 (11 provinsi) dengan jumlah iterasi sebanyak tiga kali. Provinsi Maluku menjadi anggota tetap dengan label cluster kejadian unmet need tinggi. Perlu adanya peningkatan KIE oleh pemerintah dan melakukan kemitraan dengan PKB/PLKB bersama petugas fasilitas kesehatan KB melalui memperbanyak media KIE.
Kata Kunci : Unmet need, Rapidminer, K-means Kepustakaan : 29 (2007-2021)

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGGUNAAN APLIKASI RAPIDMINER DALAM PENERAPAN DATA MINING METODE K-MEANS PADA UNMET NEED KB (KELUARGA BERENCANA) DI INDONESIA TAHUN 2017-2020 (ANALISIS DATA SDKI, SKAP DAN SUSENAS 2017-2020)
Pengarang ANNISA NABILA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ANN p 2022
Subyek Unmet need, Rapidminer, K-means Kepustakaan : 29 (
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Kesehatan Masyarakat
Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua