Detail Cantuman Kembali
HANA NOVIANA - Personal Name

KEPRIBADIAN NEUROTIK TOKOHUTAMADALAM NOVEL MAYSURI KARYA NADJIB KARTAPATI: KAJIAN PSIKOANALISIS SOSIAL KARENHORNEY

Noviana, Hana. 2022. Kepribadian Neurotik Tokoh Utama dalamNovel Maysuri Karya Nadjib Kartapati: Kajian Psikoanalisis Sosial KarenHorney. Skripsi. Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas IlmuBudaya, Universitas Mulawarman. Pembimbing I: Kiftiawati, S.S., M.Hum.; Pembimbing II: Bayu Aji Nugroho, S.S., M.Hum.
Penelitian dalam novel berjudul Maysuri karya Nadjib Kartapati dilatarbelakangi oleh seorang anak perempuan yang tidak segan menutupi latar belakang ibu kandungnya yang merupakan seorang pelacur. Akan tetapi, dibaliktindakannya tersebut terdapat kecemasan pada dirinya sehingga menjadikannyasebagai penderita kepribadian neurotik yang membutuhkan dorongan kompulsif sebagai usaha untuk mempertahankan diri. Oleh karena itu, penelitianini bertujuan untuk mendeskripsikan fakta cerita dan faktor kepribadian neurotiktokoh utama serta menguraikan bentuk pemenuhan dorongan kompulsif tokohutama dalam novel Maysuri karya Nadjib Kartapati. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan pendekatandeskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa kata, frasa, dan kutipan kalimat yang terdapat pada sumber data, yaitu novel Maysuri karya Nadjib Kartapati. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca dan teknik catat. Langkah-langkah teknik analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data, dansimpulan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teori psikoanalisis sosial Karen Horney yang berfokus pada kepribadian neurotik yang membutuhkandorongan kompulsif. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Fakta ceritamencerminkan pergulatan tokoh utama melalui tokoh utama novel yangditampilkan berkelakuan baik dan dapat berperilaku agresif. Kedua, alur disajikandalam bentuk maju. Ketiga, latar fisik dan latar waktu digambarkan cukupkuat dan membangun suasana dan pergulatan batik tokoh utama. (2) Faktor penyebabterjadinya kepribadian neurotik tokoh utama karena tiga pengaruh kultur danpengalaman masa kanak-kanak. Pengaruh kultur mengharuskan Maysuri untukmenjadi rendah hati tetapi juga dapat bersikap agresif. Memiliki keinginan untuksukes dan berhasil menjadi seorang guru privat terbaik di yayasan. Memiliki kebebasan dalam menentukan keputusan terhadap dirinya sendiri dan menjadi seorang yang tidak bergantung pada orang lain. Adapun pengalaman traumatispada masa kanak-kanak yang ia rasakan berupa pengabaian dari ibu kandungnyayang tidak memberikan kehangatan dan kasih sayang pada dirinya sejak ia kecil. (3) Tokoh utama melakukan pemenuhan delapan kebutuhan neurotik dantigakecenderungan neurotik yang menimbulkan mekanisme pertahanan ego. Hal itumerupakan usaha untuk melindungi diri dari anxitas yang terdiri atas sublimasi, proyeksi, rasionalisasi, agresi, dan apatis.
Kata Kunci: novel, psikoanalisis sosial, kepribadian neurotik

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KEPRIBADIAN NEUROTIK TOKOHUTAMADALAM NOVEL MAYSURI KARYA NADJIB KARTAPATI: KAJIAN PSIKOANALISIS SOSIAL KARENHORNEY
Pengarang HANA NOVIANA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI HAN k 2022
Subyek novel, psikoanalisis sosial, kepribadian neurotik
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Ilmu Budaya
Jurusan SASTRA INDONESIA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua