Strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengembangkan Tanggung Jawab Belajar Peserta Didik Kelas IX Selama Pembelajaran Daring di SMP Negeri 3 Tanjung Redeb Tahun Ajaran 2021/2022
Prita Nur Rizki Rahmadani, 2022. Strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengembangkan Tanggung Jawab Peserta Didik Kelas IX Selama Pembelajaran Daring di SMP Negeri 3 Tanjung Redeb Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Penelitian ini dibawah bimbingan Prof. Dr. H. Dwi Nugroho Hidayanto, M. Pd selaku dosen pembimbing I dan Rury Muslifar, S. Pd., M. Pd selaku dosen pembimbing II.
Tanggung jawab belajar yang rendah di masa pandemi covid-19 merupakan salah satu masalah yang terjadi pada dunia pendidikan.Salah satu bantuan yang bisa menangani permasalahan tersebut ialah strategi guru BK yang tepat. Strategi guru bimbingan dan konseling merupakan pola umum tentang keputusan atau tindakan yang direncanakan guru BK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja strategi yang digunakan guru BK dalam mengembangkan tanggung jawab belajar peserta didik kelas IX selama pembelajaran daring serta kendala apa saja yang dihadapi guru BK dalam mengembangkan tanggung jawab belajar peserta didik kelas IX selama pembelajaran daring. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Tanjung Redeb. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Adapun sumber data dari penelitian ini ialah data primer yang langsung memberikan data terdiri dari 1 guru BK, 3 peserta didik, dan 2 wali kelas. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru BK dalam mengembangkan tanggung jawab belajar peserta didik terlaksana hanya saja masih belum optimal. Hasil penelitian menggambarkan bahwa dalam mengidentifikasi kebutuhan peserta didik tidak dilaksanakan dengan baik. Perencanaan layanan tidak tepat karena tidak didasari oleh Need Asessment. Pelaksanaan layanan tepat di mana strategi yang digunakan ialah guru BK melakukan kolaborasi dengan wali kelas dan guru bidang studi dan memberikan layanan informasi menggunakan bimbingan klasikal. Evaluasi layanan dilakukan dengan evaluasi proses dan hasil serta melakukan follow up. Sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi guru BK yang diberikan sangat membantu peserta didik dalam mengembangkan tanggung jawab belajarnya.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengembangkan Tanggung Jawab Belajar Peserta Didik Kelas IX Selama Pembelajaran Daring di SMP Negeri 3 Tanjung Redeb Tahun Ajaran 2021/2022 |
---|---|
Pengarang | PRITA NUR RIZKI RAHMADANI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SIT p 2021 |
Subyek | Strategi Guru BK, Tanggung Jawab Belajar |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | BIMBINGAN DAN KONSELING |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY