Detail Cantuman Kembali
SRI DEVI HANDAYANI - Personal Name

Hubungan Antara Kecerdasan Majemuk dan Minat Belajar Kimia Pada Program Peminatan dan Lintas Minat di SMA Negeri 08 Berau

Sri Devi Handayani, 2022 Hubungan Antara Kecerdasan Majemuk dan Minat Belajar Kimia Pada Program Peminatan dan Lintas Minat di SMA Negeri 08 Berau. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Pintaka Kusumaningtyas, S.Pd., M.Si. selaku pembimbing 1 dan Dr. H. Usman, M.Si. selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemetaan karakteristik kecerdasan majemuk dan minat belajar kimia siswa serta hubungan antara kecerdasan majemuk dan minat belajar kimia siswa di kelompok peminatan MIPA dan kelompok lintas minat kimia di SMA Negeri 08 Berau. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan metode koresional dan expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 08 Berau tahun pelajaran 2020/2021 yang jumlah 5 kelas dengan total 139 siswa. Pengamblan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh yaitu seluruh popualasi dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kecerdasan majemuk dan angket minat belajar kimia. Data dianalisis menggunakan uji principle component analysis (PCA) dan uji korelasi pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemetaan kecerdasan majemuk siswa pada kelas peminatan IPA berada di kuadran I (50% siswa) & kuadran II (40% siswa), sementara hanya 7% siswa berada di kuadran III dan 3% siswa berada di kuadran IV. Di kelas peminatan IPS, di kuadran I (40% siswa) dan kuadran IV (27% siswa), sementara sebanyak 18% siswa berada pada kuadran II terdapat dan sebanyak 15% siswa berada pada kuadran III. Minat belajar kimia siswa baik pada kelas peminatan IPA dan IPS sebagian besar berada pada katagori baik, yaitu sebesar 88% untuk kelas peminatan IPA dan 85% untuk kelas peminatan IPS. Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa kedelapan jenis kecerdasan ini memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap minat belajar kimia siswa. Diantara kedelapan jenis kecerdasan tersebut terdapat dua jenis kecerdasan yang dominan di kelas peminatan IPA yaitu : kecerdasan antarpribadi (0,27%) dan kecerdasan visual-spasial (0,24%) serta terdapat tiga jenis kecerdasan yang dominan di kelas peminatan IPS yaitu : kecerdasan musikal (0,16%), kecerdasan antarpribadi (0,31%) dan kecerdasan naturalis (0,17%). Informasi ini sangat penting bagi guru untuk meningkatkan minat belajar kimia siswa melalui penerapan strategi pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Hubungan Antara Kecerdasan Majemuk dan Minat Belajar Kimia Pada Program Peminatan dan Lintas Minat di SMA Negeri 08 Berau
Pengarang SRI DEVI HANDAYANI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SIT p 2021
Subyek korelasi, kecerdasan majemuk, minat belajar kimia
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN KIMIA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua