Detail Cantuman Kembali
ISAI JULIANTO MANGELE - Personal Name

OPTIMALISASI KOMPUTER BERSUMBER DAYA RENDAH MENGGUNAKAN METODE DISKLESS SYSTEM PADA SISTEM OPERASI LINUX

ISAI JULIANTO MANGELE. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam – Universitas Mulawarman, 2009. “Optimalisasi Komputer Bersumber Daya Rendah Menggunakan Metode Diskless System pada Sistem Operasi Linux”. Dibawah bimbingan Bapak Fahrul Agus, S.Si, M.T selaku Pembimbing I dan Bapak Addy Suyatno, M.Kom, selaku Pembimbing II.

Optimalisasi komputer bersumber daya rendah merupakan suatu cara yang harus dilakukan untuk mendayagunakan komputer-komputer lama yang telah ada agar tetap menarik untuk digunakan. Jaringan Komputer LTSP (linux terminal server project) dengan metode Diskless System merupakan solusi yang digunakan penulis dalam mengoptimalkan komputer-komputer lama (bersumber daya rendah) tersebut. Dengan adanya jaringan komputer ltsp ini kebutuhan akan resource yang besar dalam membangun sebuah jaringan client-server dapat dikurangi.

Pada penelitian ini telah dibangun sebuah jaringan komputer dengan menggunakan Sistem Operasi berbasis Open Source yaitu Linux Ubuntu 8.04. Jaringan komputer ini dibangun dengan mengoptimalkan komputer-komputer lama sebagai client sehingga biaya untuk pengadaan alat dapat difokuskan hanya pada server. Dengan demikian tetap memperhatikan keunggulan performa dan pengeluaran biaya terhadap pembelian lisensi, perawatan serta pembelian komputer baru dapat diminimalisir melalui pembangunan jaringan komputer ltsp ini.


Kata kunci : Diskless system, Thin Client, LTSP, Jaringan Komputer

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul OPTIMALISASI KOMPUTER BERSUMBER DAYA RENDAH MENGGUNAKAN METODE DISKLESS SYSTEM PADA SISTEM OPERASI LINUX
Pengarang ISAI JULIANTO MANGELE - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua