Pembelajaran Daring Berbasis Masalah Kelas 3 Tema 2 Subtema 4 Menyayangi Hewan Di Sekolah Dasar Negeri 020 Samarinda Ulu.
Zhafirah Nur Amalina, 2017. Pembelajaran Daring Berbasis Masalah Kelas 3 Tema 2 Subtema 4 Menyayangi Hewan Di Sekolah Dasar Negeri 020 Samarinda Ulu. Pembimbing I Drs. H. Sunarno, M.Pd dan Pembimbing II Drs. H. Kusdar, S.Pd, M.Ag.
Kata Kunci : Pembelajaran Tematik, Cara Merawat Hewan, Model Pembelajaran Berbasis Masalah
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam materi menyayangi hewan dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah. Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimana model Pembelajaran Berbasis Masalah dilaksanakan di Kelas 3 Tema 2 Sub Tema 4 Menyayangi Hewan di Sekolah Dasar Negeri 020 Samarinda Ulu. Maka tujuan penelitian ini untuk memperoleh data dan kesimpulan tentang model Pembelajaran Berbasis Masalah dilaksanakan di Kelas 3 Tema 2 Subtema 4 Menyayangi Hewan di Sekolah Dasar Negeri 020 Samarinda Ulu.
Jenis Penelitian ini adalah Pendekatan Penelitian Kualitatif. Penelitian ini digunakan untuk meneliti objek yang alamiah dan peneliti adalah sebagai instrument kunci. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas 3 SDN 020 Samarinda Ulu. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan instrument penelitian, Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan conclusions Drawing.
Hasil penelitian ini dilaksanakan dengan langkah-langkah model pembelajaran berbasis masalah yaitu pemahaman masalah, penjelajahan informasi dan pemecahan masalah. Di langkah pertama yaitu pemahaman masalah guru memberikan masalah agar mendorong rasa ingin tahu siswa dan siswa dapat menyuarakan pengetahuan yang dia ketahui, mendapatkan pengetahuan baru dan dapat mengetahui apa yang dilakukan dalam merawat hewan. Kedua yaitu penjelajahan informasi siswa memperoleh informasi yang diperlukan dari berbagai teman dan para siswa dapat bertukar informasi pengetahuan merawat hewan. Langkah terakhir yaitu pemecahan masalah siswa mengatur hasil yang diperoleh, kemudian mempresentasikan hasil kerjanya.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pembelajaran Daring Berbasis Masalah Kelas 3 Tema 2 Subtema 4 Menyayangi Hewan Di Sekolah Dasar Negeri 020 Samarinda Ulu. |
---|---|
Pengarang | ZHAFIRAH NUR AMALINA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ZAH p 2022 |
Subyek | Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pembelajaran Tematik, Cara Merawat Hewan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY