Detail Cantuman Kembali
PEBRIANTI - Personal Name

Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Keberagaman Rumah Adat dan Pakaian Adat pada Tema 7 Subtema 2 melalui Model Pembelajaran STAD pada Siswa Kelas IV SDN 012 Loa Janan Tahun Pembelajaran 2021/2022

Pebrianti, 2022. Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Keberagaman Rumah Adat dan Pakaian Adat pada Tema 7 Subtema 2 melalui Model Pembelajaran STAD pada Siswa Kelas IV SDN 012 Loa Janan Tahun Pembelajaran 2021/2022. Skripsi dibimbing oleh (1) Dr. Mohammad Ilyas, M.Pd. dan (2) Sukriadi, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, keberagaman rumah dan pakaian adat model STAD
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 012 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2021/2022. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar IPS materi keberagaman rumah adat dan pakaian adat pada tema 7 subtema 2 melalui model pembelajaran STAD pada siswa kelas IV SDN 012 Loa Janan tahun pembelajaran 2021/2022?.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV SDN 012 Loa Janan yang berjumlah 22 siswa dan objek penelitian ini adalah hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 012 Loa Janan menggunakan model STAD. Tempat dan waktu penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 012 Loa Janan di Jl. Loa Duri Putak, Loa Duri Ilir, Kec. Loa Janan, Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur pada semester genap tahun pembelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Instrument penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas peserta didik dan tes hasil belajar. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rata-rata, persentase, dan grafik.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS materi keberagaman rumah adat dan pakaian adat pada tema 7 subtema 2 menggunakan model pembelajaran STAD pada siswa kelas IV SDN 012 Loa Janan tahun pembelajaran 2021/2022 mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukan dengan nilai rata-rata hasil belajar dari pra siklus sebesar 58 dengan persentase siswa tuntas 27,2% menjadi 68,2 pada siklus 1 dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 18,7% dan persentase siswa tuntas 36,3%. Pada siklus II nilai rata-rata 76,8 dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 33,6% dan persentase siswa tuntas 72,7%.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Keberagaman Rumah Adat dan Pakaian Adat pada Tema 7 Subtema 2 melalui Model Pembelajaran STAD pada Siswa Kelas IV SDN 012 Loa Janan Tahun Pembelajaran 2021/2022
Pengarang PEBRIANTI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI FEB p 2022
Subyek Hasil belajar IPS,
keberagaman rumah dan pakaian adat model STAD
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua