Detail Cantuman Kembali
UMMI MAY SYARHOH - Personal Name

Pengaruh Penggunaan Media Foto dan Video Animasi Karikatur terhadap Kemampuan Peserta Didik dalam Memahami Teks Anekdot kelas X SMA Budi Luhur Samarinda

Ummi May Syarhoh, 2021. Pengaruh Penggunaan Media Foto dan Video Animasi Karikatur terhadap Kemampuan Peserta Didik dalam Memahami Teks Anekdot kelas X SMA Budi Luhur Samarinda. Tesis. (Pembimbing I: Prof. Dr. H. Mohammad Siddik, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Dr. Hj. Widyatmike GM., M. Hum). Samarinda: Program Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Mulawarman.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) untuk mengetahui pengaruh penggunaan media foto terhadap kemampuan peserta didik dalam memahami teks anekdot siswa kelas X SMA Budi Luhur Samarinda (2) untuk mengetahui pengaruh penggunaan video animasi karikatur terhadap kemampuan peserta didik dalam memahami teks anekdot siswa kelas X SMA Budi Luhur Samarinda (3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan media foto dan video animasi karikatur terhadap kemampuan peserta didik dalam memahami teks anekdot siswa kelas X SMA Budi Luhur Samarinda.
Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner berupa angket dan tes kemampuan memahami teks anekdot. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan regresi. Uji validasi instrumen menggunakan menggunakan teknik analisis Pearson Correlation, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Uji analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan media foto terhadap kemampuan memahami teks anekdot pada siswa kelas X SMA Budi Luhur Samarinda. Hal ini ditunjukkan oleh uji t yang didapat nilai t hitung > t tabel (11,230 > 1,995), sehingga Ho ditolak. Nilai t hitung positif, artinya berpengaruh positif dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 (2) parsial (2) secara parsial video animasi karikatur berpengaruh positif terhadap kemampuan memahami teks anekdot pada siswa kelas X SMA Budi Luhur Samarinda. Hal ini ditunjukkan oleh uji t yang didapat nilai t hitung > t tabel (5,817 > 1,995), sehingga Ho ditolak. Nilai t hitung positif, artinya berpengaruh positif dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan media foto dan video animasi karikatur secara bersama-sama berpengaruh terhadap Kemampuan memahami teks anekdot pada siswa kelas X SMA Budi Luhur Samarinda. Hal ini ditunjukkan oleh uji F yang didapat nilai f hitung > f tabel (226,253 > 2,737), sehingga Ho ditolak. Nilai f hitung positif dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat kecenderungan media foto dan video animasi karikatur meningkat dan berdampak pada Kemampuan memahami teks anekdot yang baik. Jadi media foto dan video animasi karikatur dapat berpengaruh terhadap kemampuan memahami teks anekdot.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Penggunaan Media Foto dan Video Animasi Karikatur terhadap Kemampuan Peserta Didik dalam Memahami Teks Anekdot kelas X SMA Budi Luhur Samarinda
Pengarang UMMI MAY SYARHOH - Personal Name
No. Panggil TESIS UMM p 2022
Subyek media foto, video animasi karikatur,
teks anekdot, analisis Regresi
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua