Detail Cantuman Kembali
Fitriyani Tansilu - Personal Name

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Produksi Usahatani Padi Sawah di Kelurahan Sompe Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo

Usahatani padi adalah kegiatan petani mengelola faktor-faktor produksi dengan efektif dan efisien untuk menghasilkan produksi padi yang tinggi. Beberapa faktor yang mempengaruhi produksi uahatani padi sawah adalah luas lahan, tenaga kerja, dan pupuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh luas lahan, tenaga kerja, dan pupuk terhadap produksi usahatani padi sawah dan hubungan antara penggunaan lahan, tenaga kerja, dan pupuk terhadap produksi usahatani padi sawah di Kelurahan Sompe, Kecamatan Sabbangparu, Kabupaten Wajo.
Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Sompe, Kecamatan Sabbangparu, Kabupaten Wajo pada bulan Januari hingga bulan Maret 2020. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel secara acak sederhana (simple random sampling) dengan jumlah responden 36 petani. Penelitian ini mengumpulkan data primer dan sekunder. Data dianalisis dengan fungsi produksi Cobb-Douglas dan diolah dengan program SPSS 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung dan nilai signifikasi dari luas lahan (0,49 dan 0,62), tenaga kerja (0,45 dan 0,64), dan pupuk (-0,14 dan 0,88). Berdasarkan hasil analisis diketahui nilai Fhitung = 1,06 < Ftabel = 2,89 dengan nilai signifikansi sebesar 0,38. Nilai koefisien Korelasi (r) sebesar 30%.
Nilai dari koefisien korelasi sebesar 0,30 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang rendah antara luas lahan, tenaga kerja, dan pupuk terhadap produksi.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Faktor-faktor yang Mempengaruhi Produksi Usahatani Padi Sawah di Kelurahan Sompe Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo
Pengarang Fitriyani Tansilu - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI FIT f 2022
Subyek Padi Sawah, Faktor Produksi, dan Usahatani
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agribisnis
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua