Detail Cantuman Kembali
YULITA DWI RINANDA - Personal Name

Pembudayaan Nilai Antikorupsi Melalui Penanaman Karakter Kejujuran Oleh Siswa SMK Putra Bangsa Bontang

Yulita Dwi Rinanda 2022, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Pembudayaan Nilai Antikorupsi Melalui Penanaman Karakter Kejujuran Oleh Siswa SMK Putra Bangsa Bontang. Dibawah bimbingan Ibu Dr. Suryaningsi, S.Pd., M.H selaku pembimbing I dan Bapak Dr. Edi Rachmad, M.Pd selaku pembimbing II.
Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui pembudayaan nilai antikorupsi melalui penanaman karakter kejujuran oleh siswa SMK Putra Bangsa Bontang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini untuk mengetahui pembudayaan karakter kejujuran agar siswa anti terhadap korupsi di SMK Putra Bangsa, hambatan yang dihadapi oleh sekolah dalam melakukan pembudayaan karakter kejujuran pada siswa agar antikorupsi di SMK Putra Bangsa, upaya yang dilakukan sekolah membentuk karakter kejujuran agar siswa anti terhadap korupsi di SMK Putra Bangsa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, penyajian data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bentuk pembudyaan karakter kejujuran yang dilaksanakan di SMK Putra Bangsa Bontang dapat dilihat dari pengintegrasian nilai-nilai karakter jujur dalam program pengembangan diri, mata pelajaran, dan budaya sekolah. Pengintegrasian karakter kejujuran dalam budaya sekolah meliputi kegiatan kelas, sekolah dan luar sekolah. Dalam menanamkan nilai anti korupsi pada siswa, guru mengintegrasikan nilai-nilai luhur seperti nilai kejujuran, tanggung jawab, kepedulian, kedisiplinan, dan yang terakhir kemandirian kedalam proses pembelajaran dan juga lingkungan serta peraturan sekolah, hambatan internal pertama, lingkungan sekitar peserta didik yang kurang kondusif, yang kedua berasal dari pribadi peserta didik yeng belum berkembang dengan baik, adapun untuk hambatan eksternal berupa keterbatasan guru dalam melakukan pengawasan dan pengelolaan. Upaya yang dilakukan meliputi membuat program atau kegiatan serta memberi pengertian kepada peserta didik tentang bagaimana pentingnya karakter kejujuran.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pembudayaan Nilai Antikorupsi Melalui Penanaman Karakter Kejujuran Oleh Siswa SMK Putra Bangsa Bontang
Pengarang YULITA DWI RINANDA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI YUL p 2022
Subyek Pembudayaan, Nilai Antikorupsi
Karakter Kejujuran
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua