Detail Cantuman Kembali
Ajeng Retno Murdaningrum - Personal Name

PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI KELOMPOK WANITA TANI DI KELURAHAN BUKIT BIRU KECAMATAN TENGGARONG KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (STUDI KASUS KWT SRIKANDI JAYA)

Program pertanian yang diberikan kepada KWT Srikandi Jaya merupakan suatu bentuk pemberdayaan perempuan, dengan adanya pemberdayaan akan meningkatkan keterampilan, kreatifitas dan wawasan untuk memberikan peluang agar perempuan menjadi lebih berdaya.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bentuk pemberdayaan, tingkat partisipasi, dan manfaat yang diperoleh KWT Srikandi Jaya.
Penelitian dilakukan di Keluruhan Bukit Biru Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive secara sensus. Responden pada penelitian ini sebanyak 29 orang, metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pengukuran skala sikap, likert dengan menggunakan skoring.
Hasil penelitian menunjukkan bentuk program pemberdayaan yang diberikan kepada Kelompok Wanita Tani Srikandi Jaya sebagai kelas belajar, unit kerjasama, dan unit produksi. Tingkat partisipasi anggotaa dengan indikator rapat rutin bulanan termasuk kategori tingi dengan skor rata-rata 10,07, indikator pertemuan/penyuluhan pertanian termasuk kategori tinggi dengan skor rata-rata 13,41, dan indikator program pelatihan termasuk kategori tinggi dengan skor rata-rata 15,83. Manfaat bagi KWT Srikandi Jaya dalam pelaksaaan program penyuluhan pertanian yang diberikan yaitu penghasilan kelompok wanita tani, peran dalam kelompok wanita tani, partisipasi dalam kelompok wanita tani, pengetahuan dan wawasan. Harapannya pemerintah terkait dan instansi tertentu yang melibatkan anggota KWT Srikandi Jaya pada program dan kegiatan yang diberikan dapat membantu dan membimbing KWT Srikandi Jaya agar usaha yang dilakukan anggota lebih berkembang dan dapat tersebar luas dipasaran.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI KELOMPOK WANITA TANI DI KELURAHAN BUKIT BIRU KECAMATAN TENGGARONG KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (STUDI KASUS KWT SRIKANDI JAYA)
Pengarang Ajeng Retno Murdaningrum - Personal Name
No. Panggil Skripsi AJE p 2022
Subyek Pemberdayaan, partisipasi, kelompok wanita tani
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 17 mei 2022
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan agribisnis
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua