Detail Cantuman Kembali
NORHALIZA - Personal Name

CAMPUR KODE PEDAGANG DALAM SIARAN LANGSUNG GRUP FACEBOOK BUSAM: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK

Norhaliza. 2022. Campur Kode Pedagang Dalam Siaran Langsung Grup Facebook BUSAM Kajian Sosiolinguistik. Skripsi. Program Studi Sastra Indonesia. Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman. Pembimbing I: Irma Surayya Hanum, M.Pd; Pembimbing II: Eka Yusriansyah, M.Hum.
Kata Kunci: siaran langsung facebook, campur kode, sosiolinguistik
Pedagang yang memiliki kemampuan lebih dari satu bahasa cenderung memiliki kode yang hendak digunakan dalam berkomunikasi agar menarik perhatian calon pembeli. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana bentuk campur kode dan faktor penyebab terjadinya campur kode dalam siaran langsung grup facebook BUSAM. Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan bentuk campur kode dan faktor penyebab terjadinya campur kode dalam siaran langsung pedagang pada grup facebook BUSAM. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa tuturan dari pedagang pakaian saat melakukan siaran langsung grup facebook BUSAM kemudian dtranskripsikan dalam bentuk tulisan. Sumber data berasal dari pedagang yang melakukan siaran langsung melalui media sosial facebook bernama Ria Bucan sebagai pedagang 1 dan facebook Marwi Amy sebagai pedagang 2. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik observasi, teknik rekam dan teknik catat. Selanjutnya data dianalisis menggunakan teori campur kode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk campur kode pada tuturan pedagang yaitu campur kode ke dalam (Inner Code Mixing), campur kode ke luar (Outer Code Mixing) dan campur kode campuran ((Hybrid Code Mixing) berupa penyisipan unsur berwujud kata, penyisipan unsur berwujud frasa, penyisipan unsur berwujud klausa, penyisipan unsur berwujud perulangan kata dan penyisipan unsur berwujud baster. Faktor penyebab terjadinya campur kode ialah faktor keterbatasan kode terjadi apabila penutur melakukan campur kode karena tidak mengerti padanan kata, frasa dan klausa dalam bahasa dasar yang digunakannya. Faktor penggunaan istilah yang lebih popular agar menarik pembeli. Faktor pembicara atau penutur sengaja melakukan campur kode untuk mengubah situasi pembicaraan, pembicara juga terkadang melakukan campur kode dari suatu bahasa ke bahasa lain karena faktor kebiasaan dan kesantaian. Faktor fungsi dan tujuan menunjukkan adanya saling ketergantungan antara fungsi yang relevan dalam pemakaian dua bahasa atau lebih. Faktor ragam dan tingkat tutur bahasa banyak didasarkan pada pertimbangan mitra bicara yang menunjukkan suatu pendirian terhadap topik tertentu atau relevansi dengan situasi tertentu.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul CAMPUR KODE PEDAGANG DALAM SIARAN LANGSUNG GRUP FACEBOOK BUSAM: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK
Pengarang NORHALIZA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NOR c 2022
Subyek siaran langsung facebook, campur kode, sosiolingui
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Ilmu Budaya
Jurusan SASTRA INDONESIA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPA. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua