Detail Cantuman Kembali
MISRA YANTI - Personal Name

MAKNA UJARAN DALAM PROSESI MAG’NIKAKAN ADAT BAJAU DI KECAMATAN BIDUK BIDUK KABUPATEN BERAU: KAJIAN ANTROPOLINGUISTIK

MAKNA UJARAN DALAM PROSESI MAG’NIKAKAN ADAT BAJAU DI KECAMATAN BIDUK BIDUK KABUPATEN BERAU: KAJIAN ANTROPOLINGUISTIK
Yanti, Misra. 2022. Makna Ujaran dalam Prosesi Mag’nikakan Adat Bajau di Kecamatan Biduk-Biduk Kabupaten Berau: Kajian Antropolinguistik. Skripsi. Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman. Pembimbing I: Ian Wahyuni, S.S, M. Hum.; Pembimbing II: Ahmad Mubarok, S. Pd., M. Hum.
Kata Kunci: antropolinguistik, makna ujaran, prosesi mag’nikakan
Prosesi mag’nikakan Adat Bajau di Kecamatan Biduk-Biduk Kabupaten Berau menjadi salah satu budaya suku Bajau yang memiliki kekhasan. Dalam prosesinya memperlihatkan citra budaya dan bahasa daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna ujaran dan nilai-nilai budaya yang terdapat pada prosesi mag’nikakan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Dengan pendekatan deskripsi kualitatif. Data dalam penelitian berupa ujaran yang digunakan pada prosesi mag’nikakan. Sumber data diperoleh dari lima informan yang berasal dari Kecamatan Biduk-Biduk Kabupaten Berau. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian yang digunakan analisis deskriptif dengan metode padan dan teknik pilah unsur penentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna ujaran denotasi pada prosesi mag’nikakan mengandung pengetahuan, kepercayaan, tradisi, kesenian, adat istiadat, dan tingkah laku masyarakat suku Bajau. Makna konotasi dalam ujaran mengandung makna berdasarkan perasaan atau emosi dari pembaca, dan mitos-mitos yang mengambarkan situasi masyarakat suku Bajau yang tetap menjalankan aturan, tata cara, dan struktur yang disepakati bersama. Nilai-nilai budaya yang terkandung ada tiga, yaitu pertama kebudayaan ekspresi yang meliputi keyakinan, intuisi, dan imajinasi kolektif. Kedua, kebudayaan tradisi yang meliputi nilai religi, adat istiadat, dan kebiasaan-kebiasaan. Ketiga, kebudayaan fisik berupa hasil karya budaya.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul MAKNA UJARAN DALAM PROSESI MAG’NIKAKAN ADAT BAJAU DI KECAMATAN BIDUK BIDUK KABUPATEN BERAU: KAJIAN ANTROPOLINGUISTIK
Pengarang MISRA YANTI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MIS m 2002
Subyek antropolinguistik, makna ujaran, prosesi mag’nikak
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Ilmu Budaya
Jurusan SASTRA INDONESIA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua