Analisis Motivasi Mahasiswa Pendidikan Kimia Angkatan 2019 Selama Pembelajaran Daring Dimasa Covid-19
Erniaty, 2022 Analisis motivasi mahasiswa pendidikan kimia angkatan 2019 selama pembelajaran daring dimasa covid-19 pada mata kuliah kimia lanjutan. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. H. Usman, S.Si., M.Si. selaku pembimbing I dan Iis Intan Widiyowati, S.Pd., M.Pd. selaku pembimbing II.
Motivasi merupakan salah satu faktor utama yang mempengaruhi keberhasilan dalam pembelajaran. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar mahasiswa yaitu ARCS. Empat aspek yang menjadi bagian penyusun motivasi tersebut adalah aspek Attention, Relevance, Confidence, dan Satisfaction. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat motivasi belajar mahasiswa pendidikan kimia angkatan 2019 selama pembelajaran daring dimasa Covid-19 dan mengetahui sumbangan persentase dari tiap indikator motivasi belajar mahasiswa pendidikan kimia angkatan 2019 selama pembelajaran daring dimasa Covid-19. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dalam hal ini menggunakan angket motivasi mahasiswa (Google form). Pengambilan sampel yang dilakukan dengan teknik sampling jenuh berjumlah 71 mahasiswa pendidikan kimia angkatan 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar mahasiswa selama pembelajaran daring dimasa Covid-19 pada tingkat sedang dan tingkat persentase setiap aspek motivasi belajar adalah aspek perhatian (Attention) sebesar 32%, aspek relevansi (Relevance) sebesar 25%, aspek percaya diri (Confidence) sebesar 49%, aspek kepuasan (Satisfaction) sebesar 35%.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Analisis Motivasi Mahasiswa Pendidikan Kimia Angkatan 2019 Selama Pembelajaran Daring Dimasa Covid-19 |
---|---|
Pengarang | ERNIATY - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ERN a 2022 |
Subyek | Motivasi Belajar, ARCS |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Kimia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY