Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi dalam Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas X SMAN 4 Samarinda Tahun Ajaran 2021/2022
Novita Arutmayanti,2018. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi dalam Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas X SMAN 4 Samarinda Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. H. Dwi Nugroho Hidayanto, M.Pd selaku pembimbing I dan Rury Muslifar, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilaksanakan karena adanya siswa di SMAN 4 Samarinda yang mengalami permasalahan prokrastinasi akademik yakni siswa belum mampu memanfaatkan waktu dengan baik untuk mengerjakan tugas dengan mementingkan kegiatan lain yang dianggap menyenangkan namun tidak memberikan manfaat yang dilakukan secara berulang. Tujuan penelitian ini untuk melihat efektivitas treatment berupa layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dalam mengurangi prokrastinasi akademik. Jenis Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan adalah pre-experimental design, one-group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian sebanyak 79 siswa yang memili gejala prokrastinasi akademik dan Sampel yang digunakan sebanyak 8 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan menggunakan pendekatan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket prokrastinasi akademik, wawancara, observasi, alat ungkap masalah (AUM) dan studi dokumentasi. Layanan bimbingan kelompok teknik diskusi dilakukan sebanyak 8 kali pertemuan. Hasil rata-rata skor pada angket pre-test 157 setelah diberikan treatment mengalami penurunan dengan rata-rata skor pada angket post-test 113. Analisis data menggunakan uji T sampel berpasangan. Adapun hasil analisis data didapatkan hasil t_hitung = 13,410 pada derajat kebebasan (df)=7, kemudian dibandingkan dengan t_tabel 0,05 = 2,365, maka t_hitung>t_tabel (13,410 > 2,365). Berdasarkan ketentuan pengambilan keputusan t_hitung> t_tabel maka H_o ditolak dan H_a diterima, jadi dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi efektif dalam mengurangi prokrastinasi akademik siswa kelas X SMAN 4 Samarinda tahun ajaran 2021/2022. Efektifnya layanan yang diberikan terlihat dari adanya penurunan skor rata-rata peserta didik dari pre-test dan post-test. Pada angket pre-test skor rata-rata yang didapatkan adalah 157 dengan persentase 87% dan pada angket post-test skor rata-rata peserta didik turun menjadi 113 dengan persentase 63%. Skor tersebut mengalami perunan dengan rata - rata 44 dengan persentase 24%.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi dalam Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas X SMAN 4 Samarinda Tahun Ajaran 2021/2022 |
---|---|
Pengarang | Novita Arutmayanti - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NOV e 2022 |
Subyek | bimbingan kelompok Prokrastinasi Akademik, Teknik Diskusi, |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Bimbingan dan Konseling |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY