Detail Cantuman Kembali
Abdul Hadi - Personal Name

Pengembangan Laboratorium Virtual Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Laju Reaksi

Abdul Hadi, 2022. “Pengembangan Laboratorium Virtual Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Laju Reaksi” Pembimbing Utama Prof. Dr. H. Muh. Amir M, M.Kes. Pembimbing Pendamping Dr. Hj. Yuli Hartati, M.Pd.
Laboratorium virtual dapat digunakan sebagai alternatif kegiatan praktikum dalam pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan mengembangkan laboratorium virtual berbasis android untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi laju reaksi yang valid, efektif dan praktis. Model pengembangan yang digunakan adalah Research and Development menurut Sugiyono dengan tahapan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk dan produk final. Responden penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPA sebanyak 90 siswa SMA Negeri 2 Unggulan Tanah Grogot. Teknik pengumpulan data menggunakan bentuk tes dan non tes, instrumen penelitian soal pretest dan posttest, serta angket validasi dan respon peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan validasi penilaian tim ahli rata-rata sebesar 95,98% dengan kriteria sangat valid, efektivitas berdasarkan hasil analisis nilai pretest dan posttest rata-rata skor N-Gain sebesar 0,77 dengan kriteria tinggi atau efektif, kepraktisan berdasarkan hasil analisis angket respon peserta didik rata-rata sebesar 94,11% dengan kriteria sangat praktis. Dengan demikian laboratorium virtual berbasis android yang dikembangkan layak untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sebagai media pembelajaan kimia kelas XI-IPA.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengembangan Laboratorium Virtual Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Laju Reaksi
Pengarang Abdul Hadi - Personal Name
No. Panggil TESIS ABD p 2022
Subyek Labortorium Virtual, Android, Berpikir Kritis
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan MAGISTER PENDIDIKAN KIMIA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua