PERAN TELEPON OPERATOR DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KEPADA TAMU DI MIDTOWN HOTEL SAMARINDA
Telepon operator pada Midtown Hotel Samarinda memiliki kelebihan selain sebagai cermin dari hotel, telepon operator juga sebagai pusat informasi yang dituntut untuk multi tasking. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk layanan komunikasi Telepon Operator di Midtown Hotel Samarinda, untuk mengetahui peran supervisor Telepon Operator dalam melayani tamu di Midtown Hotel Samarinda, serta untuk mengetahui peran petugas Telepon Operator dalam melayani tamu di Midtown Hotel Samarinda. Metode penelitian penulis ialah kualitatif, dengan memakai analisis data dari Milles dan Huberman (dalam Sugiyono 2017:246). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran telepon operator penting untuk membuat tamu merasa puas dengan pelayanan yang di berikan oleh staf telepon operator. Supervisor telepon operator dan petugas telepon operator memiliki tugas dan tanggung jawab yang dilakukan. Dengan mengikuti Standar operasional prosedur. Layanan komunikasi yang diberikan sudah sesuai dengan apa yang ada di standar operasional prosedur hotel. Saran bagi petugas telepon operator dan supervisor telepon operator diharapkan untuk lebih konsisten dalam memberikan pelayanan yang baik. Agar memberikan kesan baik kepada tamu. Peran supervisor telepon operator masih kurang, karena tidak adanya orang yang bertanggung jawab sebagai supervisor dan dilimpahkan kepada front office manager.
Kata Kunci : Peran, Telepon Operator, Pelayanan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PERAN TELEPON OPERATOR DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KEPADA TAMU DI MIDTOWN HOTEL SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | DWI ENDAH SEPTIANI NOORDIN - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI DWI p 2022 |
Subyek | Peran, Telepon Operator, Pelayanan. |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | ADMINISTRASI BISNIS |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY