Detail Cantuman Kembali
LUTHFI MARISYA - Personal Name

Skrining Fitokimia Ekstrak dan Fraksi Daging buah Sawo Muda serta Uji Toksisitas menggunakan Metode BSLT (Brine Shrimp Lethality Test)

Sawo (Manilkara zapota) merupakan tanaman tropis yang cukup luas penyebarannya di Indonesia. Buah sawo muda secara empiris memiliki khasiat sebagai antidiare, buah sawo muda ini juga digunakan masyarakat untuk mengatasi tifus. Dilakukan penelitian skrining fitokimia daging buah sawo muda serta uji toksisitas menggunakan metode Brine Shrimp Lethality Test. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui golongan senyawa metabolit sekunder dan data toksisitas daging buah sawo muda. Hasil skrining fitokimia dari ekstrak metanol dan fraksi n-heksan daging buah sawo muda mengandung alkaloid, flavonoid, tanin, dan saponin. Untuk fraksi etil asetat daging buah sawo muda memiliki kandungan alkaloid, flavonoid, dan tanin. Uji toksisitas dilakukan dengan metode Brine Shrimp Lethality Test. Ekstrak metanol, fraksi etil asetat, fraksi n-heksan dibuat kedalam beberapa konsentrasi. Masing-masing konsentrasi diisi 10 larva Artemia salina Leach kemudian dilihat setelah 24 jam dan dihitung banyak kematian larva dalam setiap konsentrasi. Berdasarkan pada analisis probit, hasil BSLT terhadap ekstrak dan fraksi daging buah sawo muda yang telah diuji bahwa fraksi n-heksan yang memiliki aktivitas senyawa paling tinggi terhadap kematian larva Artemia salina Leach dengan nilai LC 50 sebesar 61,094 µg/mL maka dapat disimpulkan bahwa fraksi n-heksan tersebut bersifat toksik karena memiliki nilai LC50 < 1000 µg/mL

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Skrining Fitokimia Ekstrak dan Fraksi Daging buah Sawo Muda serta Uji Toksisitas menggunakan Metode BSLT (Brine Shrimp Lethality Test)
Pengarang LUTHFI MARISYA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI LUT s 2022
Subyek Manilkara zapota, Skrining fitokimia, BSLT
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Farmasi
Jurusan Farmasi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua