Detail Cantuman Kembali
DIAN INDRIA ASTUTI - Personal Name

Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga di Masa Pandemi melalui Budidaya Tanaman Hidroponik di Kelurahan Sempaja Timur Kota Samarinda.

Dian Indria Astuti, 2022 Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga di Masa Pandemi melalui Budidaya Tanaman Hidroponik di Kelurahan Sempaja Timur Kota Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. Saraka, M Ali, M.Pd., selaku pembimbing I dan Hepy Tri Winarti, S.Pd, M.Pd., selaku pembimbing II.
Hidroponik merupakan salah satu cara budidaya tanaman menggunakan air yang telah diberikan nutrisi yang diperlukan tanaman sebagai media tumbuh tanaman sebagai pengganti media tanah. Selain itu, hidroponik dapat dilakukan di pekarangan sempit yang kebanyakan terdapat di lingkungan tempat tinggal masyarakat perkotaan. Peneliti bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan dampak pemberdayaan ibu rumah tangga di masa pandemi melalui budidaya tanaman hidroponik di Kelurahan Sempaja Timur Kota Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, sesuai dengan tujuan penelitian yang akan mendeskrpsikan proses pemberdayaan iu rumah tangga. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa dalam proses pemberdayaan terdapat tiga aspek yang tercapai yaitu tahap, yaitu; a). Tahap penyadaran yang meliputu tiga aspek yaitu sosialisasi, diskusi dan pembinaan. b). Tahap pengkapasitasan yang meliputih pelatihan program dan praktik lapangan. c). Tahap pendayaan yang meliputi fasilitasi dan evaluasi. Sedangkan dalam dampak pemberdayaan, dalam penelitian ini diperoleh dampak positif berupa tercapainya tujuan dari program pemberdayaan tersebut dalam tiga aspek diantaranya; a). Peningkatan pengetahuan terkait jenis-jenis, manfaat dan bagaimana perawatan sayuran hidroponik, b) perubahan sikap berupa perubahan pola konsumsi yang menjadi lebih sehat, pola interaksi dengan sesame anggota serta perubahan dalam segi kegiatan sehari-hari yang menjadi lebih produktif dan c) peningkatan keterampilan yang meliputi kemampuan dalam menggunakan alat dan media tanam hidroponik, praktik memanen dan mengemas pada saat akan dijual.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga di Masa Pandemi melalui Budidaya Tanaman Hidroponik di Kelurahan Sempaja Timur Kota Samarinda.
Pengarang DIAN INDRIA ASTUTI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI DIA p 2022
Subyek Pemberdayaan, Ibu Rumah Tangga,
Masa Pandemi, Hidroponik
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN MASYARAKAT
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua