Detail Cantuman Kembali
HARMITA - Personal Name

Peningkatan Hasil Belajar PPKn Materi Keragaman Suku Bangsa, Sosial dan Budaya pada Tema 7 Subtema 3 menggunakan Model Think Pair Share pada Siswa Kelas IV SDN 003 Marangkayu Tahun Pembelajaran 2021/2022.

Harmita, 2022. Peningkatan Hasil Belajar PPKn Materi Keragaman Suku Bangsa, Sosial dan Budaya pada Tema 7 Subtema 3 menggunakan Model Think Pair Share pada Siswa Kelas IV SDN 003 Marangkayu Tahun Pembelajaran 2021/2022. Dibimbing oleh Dr. Mohammad Ilyas, M.Pd sebagai Pembimbing I dan Dr. H. Yudo Dwiyono, M.Si sebagai Pembimbing II.
Kata Kunci: Hasil Belajar PPKn, Keragaman Suku Bangsa, Sosial dan Budaya, Think Pair Share.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 003 Marangkayu khususnya pada mata pelajaran PPKn. Rumusan masalah dalam penelitian ini “Bagaimana meningkatkan hasil belajar PPKn materi keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya pada tema 7 subtema 3 menggunakan model Think Pair Share pada siswa kelas IV SDN 003 Marangkayu Tahun Pembelajaran 2021/2022?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PPKn materi keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya pada tema 7 subtema 3 menggunakan model Think Pair Share pada siswa kelas IV SDN 003 Marangkayu Tahun Pembelajaran 2021/2022.
Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 3 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV SDN 003 Marangkayu yang berjumlah 26 orang siswa dan objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar PPKn materi Keragaman Suku Bangsa, Sosial, dan Budaya menggunakan model Think Pair Share. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus rata-rata, rumus persentase, dan rumus peningkatan hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat sebesar 9,92% dari nilai rata-rata 54,23 dengan persentase ketuntasan belajar siswa 26,92% pada nilai dasar menjadi 59,61 dengan persentase ketuntasan belajar siswa 42,31%. Pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata sebesar 27,66% menjadi 69,23 dengan persentase ketuntasan belajar siswa 65,38%. Hal ini belum mencapai indikator keberhasilan sehingga dilanjutkan ke siklus III. Pada siklus III mengalami peningkatan nilai rata-rata sebesar 46,09% menjadi 79,23 dengan persentase ketuntasan belajar siswa 84,61% dan sudah mencapai indikator keberhasilan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar PPKn menggunakan model Think Pair Share pada siswa kelas IV SDN 003 Marangkayu tahun pembelajaran 2021-2022 mengalami peningkatan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Peningkatan Hasil Belajar PPKn Materi Keragaman Suku Bangsa, Sosial dan Budaya pada Tema 7 Subtema 3 menggunakan Model Think Pair Share pada Siswa Kelas IV SDN 003 Marangkayu Tahun Pembelajaran 2021/2022.
Pengarang HARMITA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI HAR p 2022
Subyek Hasil Belajar PPKn, Keragaman Suku Bangsa
Sosial dan Budaya, Think Pair Share
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua