Pengaruh model pembelajaan Somatic, Auditory, Visual and Intellectual (SAVI) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem periodik unsur kelas X di SMA Negeri 8 Balikpapan.
Patma Diniari, 2021. Pengaruh model pembelajaan Somatic, Auditory, Visual and Intellectual (SAVI) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem periodik unsur kelas X di SMA Negeri 8 Balikpapan. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Yuli Hartati, M.Pd. selaku pembimbing I dan Dr. H. Usman, M.Si. selaku pembimbing II. Hasil belajar merupakan suatu pencapain dalam kegiatan pembelajaran yang meliputi penilaian pada aspek kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Pada ketiga aspek tersebut, diperlukan keaktifan siswa dalam pembelajaran yang melibatkan kelima indera dan emosi siswa dengan bergerak, berbicara dan mendengar, mengamati dan menggambarkan serta memecahkan masalah dan menerangkan materi pelajaran yang didapatkan. Pembelajaran yang meliputi kelima indera dan emosi tersebut dapat diaplikasikan dengan menggunakan model pembelajaran SAVI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Somatic, Auditory, Visual and Intellectual (SAVI) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem periodik unsur kelas X di SMA Negeri 8 Balikpapan. Penggunaan model pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktivan siswa melalui model pembelajaran SAVI dalam 4 tahapan utama, yaitu tahap persiapan (preparation), tahap penyampaian (presentasion), tahap pelatihan (training) dan tahap penampilan hasil (performance). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian quasi experiment jenis non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling yaitu siswa kelas X MIPA III (Kontrol) dan kelas X MIPA 4 (Eksperimen), dengan jumlah siswa masing – masing sebanyak 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata – rata kelas eksperimen adalah 82,86 dan kelas kontrol adalah 73,47. Data kemudian di analisis dengan menggunakan uji t dan di dapatkan t hitung > t tabel yaitu sebesar 4,90 > 1,67, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visual and Intellectual (SAVI) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem periodik unsur kelas X di SMA Negeri 8 Balikpapan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh model pembelajaan Somatic, Auditory, Visual and Intellectual (SAVI) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem periodik unsur kelas X di SMA Negeri 8 Balikpapan. |
---|---|
Pengarang | PATMA DINIARI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI PAT p 2022 |
Subyek | Model Pembelajaran SAVI, Sistem Periodik Unsur, Hasil Belajar |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN KIMIA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY