Peningkatan Hasil Belajar Muatan IPS Tema Indahnnya Keragaman Di Negeriku Melalui Model Kooperatif Tipe Picture And Picture Pada Kelas IV SDN 001 Tenggarong Tahun Pembelajaran 2019 / 2020
Muwijianti, 2021 . Peningkatan Hasil IPS Tema Indahnya keragaman Di Negeriku Melalui Model Kooperatif Picture And Piture Pada Siswa Kelas IV SDN 001 Tenggarong Tahun Pembelajaran 2019/2020. Pembimbing (I) Drs. H. Kusdar,M.Ag Dan Pembimbing (II) Drs. H. La Djangka, M.Pd.
Kata Kunci : Hasil Belajar IPS Indahnya Keragaman Di Negeriku Model Kooperatif Picture And Picture.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 001 Tenggarong tahun pembelajaran 2019/2020 pada pembelajaran tematik muatan IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana peningkatan hasil belajar IPS tema indahnya keragaman di negeriku melalui model pembelajaran kooperatif picture and picture pada siswa kelas IV SDN 001 Tenggarong tahun pembelajaran 2019 / 2020. Maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS tema indahnya keragaman di negeriku melalui model kooperatif picture and piture pada siswa kelas IV SDN 001 Tenggarong tahun pembelajaran 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 001 Tenggarong yang berjumlah 30 siswa dan objek penelitian ini adalah untuk melihat hasil belajar IPS dan peningkatan pada setiap siklusnya menggunakan model pembelajaran kooperatif picture and picture. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian tersebut menunjukan nilai rata-rata dari pra siklus 47,5 dengan presentase ketuntasan (26,66%) predikat sangat kurang, saat di siklus I meningkat menjadi 64,53 (35,85%) dengan predikat kurang. Sedangkan rata-rata pada siklus II adalah 81,13 Peningkatan yang diukur dari nilai pra siklus menghasilkan peningkatan hasil belajar pada siklus II adalah 70,80 % dengan predikat sangat baik. Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPS tema Indahnya Keragaman Di Negeriku melalui model kooperatif picture and picture pada siswa kelas IV SDN 001 Tenggarong tahun pembelajaran 2019 / 2020.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Peningkatan Hasil Belajar Muatan IPS Tema Indahnnya Keragaman Di Negeriku Melalui Model Kooperatif Tipe Picture And Picture Pada Kelas IV SDN 001 Tenggarong Tahun Pembelajaran 2019 / 2020 |
---|---|
Pengarang | MUWIJIANTI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MUW p 2022 |
Subyek | Hasil Belajar IPS Indahnya Keragaman Di Negeriku Model Kooperatif Picture And Picture |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY