Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran ALID (Accelerated Learning Included By Discovery) Berbantuan Media Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Kimia pada Materi Hidrolisis Garam.
Hesti Kusumawati, 2022. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran ALID (Accelerated Learning Included By Discovery) Berbantuan Media Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Kimia pada Materi Hidrolisis Garam. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. H. Usman M.Si. selaku dosen pembimbing I dan Dr. Pintaka Kusumaningtyas S.Pd., M.Si. selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran ALID berbantuan media peta konsep terhadap hasil belajar kimia pada materi hidrolisis garam. Metode penelitian yang digunakan adalah true experimental design, dengan jenis rancangan penelitian posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Kesehatan. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling yaitu kelas XI-1 Farmasi sebagai kelas eksperimen dan XI-2 Farmasi sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas berjumlah 24 siswa. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran ALID dengan berbantuan media peta konsep sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes dan teknik non-tes. Data hasil akhir ulangan harian dianalisis menggunakan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan nilai ratarata hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen adalah 70,19 (kategori baik) dan kelas kontrol adalah 65,01 (kategori cukup). Analisis statistik menggunakan uji-t menunjukkan thitung 2,16 > ttabel 2,01 yang berarti terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran ALID berbantuan media peta konsep terhadap hasil belajar kimia pada materi hidrolisis garam.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran ALID (Accelerated Learning Included By Discovery) Berbantuan Media Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Kimia pada Materi Hidrolisis Garam. |
---|---|
Pengarang | HESTI KUSUMAWATI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI HES p 2022 |
Subyek | Model Pembelajaran ALID, Peta Konsep, Hidrolisis Garam |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN KIMIA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY