Detail Cantuman Kembali
HESTI KUSUMAWATI - Personal Name

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran ALID (Accelerated Learning Included By Discovery) Berbantuan Media Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Kimia pada Materi Hidrolisis Garam.

Hesti Kusumawati, 2022. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran ALID (Accelerated Learning Included By Discovery) Berbantuan Media Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Kimia pada Materi Hidrolisis Garam. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. H. Usman M.Si. selaku dosen pembimbing I dan Dr. Pintaka Kusumaningtyas S.Pd., M.Si. selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran ALID berbantuan media peta konsep terhadap hasil belajar kimia pada materi hidrolisis garam. Metode penelitian yang digunakan adalah true experimental design, dengan jenis rancangan penelitian posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Kesehatan. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling yaitu kelas XI-1 Farmasi sebagai kelas eksperimen dan XI-2 Farmasi sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas berjumlah 24 siswa. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran ALID dengan berbantuan media peta konsep sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes dan teknik non-tes. Data hasil akhir ulangan harian dianalisis menggunakan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan nilai ratarata hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen adalah 70,19 (kategori baik) dan kelas kontrol adalah 65,01 (kategori cukup). Analisis statistik menggunakan uji-t menunjukkan thitung 2,16 > ttabel 2,01 yang berarti terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran ALID berbantuan media peta konsep terhadap hasil belajar kimia pada materi hidrolisis garam.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran ALID (Accelerated Learning Included By Discovery) Berbantuan Media Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Kimia pada Materi Hidrolisis Garam.
Pengarang HESTI KUSUMAWATI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI HES p 2022
Subyek Model Pembelajaran ALID,
Peta Konsep, Hidrolisis Garam
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN KIMIA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua