Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMA Negeri 1 Bengalon Tahun Pembelajaran 2020/2021
Winda Renika, 2021. Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMA Negeri 1 Bengalon Tahun Pembelajaran 2020/2021. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Vandalita M. M. Rambitan, M.P selaku pembimbing I dan Dr. Hj. Herliani, M.Pd. selaku pembimbing II.
Pandemi covid-19 yang terjadi di Indonesia membuat pemerintah mengambil kebijakan dengan menerapkan pembelajaran secara daring dari rumah untuk menggantikan pembelajaran konvensional yang selama ini dilakukan secara tatap muka. Pembelajaran daring berfungsi sebagai penghubung antara guru dan peserta didik menggunakan jaringan internet yang dapat diakses dengan mudah. Media daring yang digunakan dalam proses pembelajaran yaitu WhatsApp, Google Classroom, dan Google form. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 1 Bengalon tahun pembelajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI jurusan IPA dan guru biologi dengan instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui google form dan wawancara secara online. Analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring yang dilaksanakan cukup dapat menggantikan pembelajaran secara tatap muka, namun apabila dilihat dari efektivitas pembelajaran daring belum mampu membuat tujuan pembelajaran berjalan dengan baik. Jaringan internet yang kurang memadai dan kuota yang terbatas membuat peserta didik dalam mengakses pembelajaran menjadi terhambat, kurang fokusnya peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dikarenakan kurang memahami materi yang disampaikan secara online oleh guru, kurangnya rasa tanggung jawab dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru, serta kurangnya pengawasan dari orang tua peserta didik membuat pembelajaran daring kurang efektif untuk dilaksanakan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMA Negeri 1 Bengalon Tahun Pembelajaran 2020/2021 |
---|---|
Pengarang | WINDA RENIKA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI WIN e 2022 |
Subyek | Pembelajaran Daring, Media Online, Pembelajaran Biologi |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN BIOLOGI |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY