Detail Cantuman Kembali
TRIMARDIAH RANTE SAMBAN - Personal Name

ANALISIS TEBAL PERKERASAN LENTUR DENGAN MENGGUNAKAN MANUAL DESAIN PERKERASAN JALAN 2017 DAN AUSTROADS 2017 (Studi Kasus : Pembangunan Jalan Simp. 4 Outer Ringroad IV – Bandara Samarinda Baru, Samarinda, Kalimantan Timur)

Terdapat lima visi Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada Indonesia Maju periode 2020 – 2024. Program pembangunan Infrastruktur adalah program yang dikelola oleh Kementrian PUPR, Program kerja Kementrian PUPR diantaranya adalah membangun 3.000 km jalan baru untuk mendukung kawasan kawasan strategis Indonesia, selain itu terdapat juga program pembangunan 2.500 km jalan tol di berbagai wilayah di Indonesia. Pembangunan Simpang 4 Outer Ringroad- Bandara Samarinda Baru di kota Samarinda adalah salah satu bentuk pembangunan infrastruktur jalan yang dilakukan untuk menunjang transportasi pada lokasi stategis di kota Samarinda yaitu Bandara Samarinda Baru dan Kota Samarinda. Perencanaan perkerasan yang tepat menjadi kunci baiknya masa layan jalan selama umur rencana. Metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 dan Austroads 2017 adalah dua dari beberapa metode perencanaan tebal yang ada. Studi ini menggunakan kedua metode perencanaan tersebut. Didapatkan bahwa perkerasan yang direncanakan dengan metode manual desain perkerasan jalan 2017 lebih tebal dibandingkan dengan yang dihasilkan oleh metode Austroads 2017 kemudian dilakukan pengujian untuk mengetahui ketahanan terhadap tebal yang dihasilkan dengan program KENPAVE versi 2003 dengan menggunakan kedua beban standar Indonesia dan Australia. Didapatkan hasil bahwa berdasarkan perbandingan nilai repetisi perencanaan dengan menggunakan Metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 dan Metode AUSTROADS 2017 hanya dapat menahan kerusakan rutting tetapi tidak dapat menahan fatique cracking dan permanent deformation. Kata kunci : Perkerasan Jalan, Manual Desain Perkerasan Jalan 2017, Austroads 2017, Circly 7.0, KENPAVE.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS TEBAL PERKERASAN LENTUR DENGAN MENGGUNAKAN MANUAL DESAIN PERKERASAN JALAN 2017 DAN AUSTROADS 2017 (Studi Kasus : Pembangunan Jalan Simp. 4 Outer Ringroad IV – Bandara Samarinda Baru, Samarinda, Kalimantan Timur)
Pengarang TRIMARDIAH RANTE SAMBAN - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI TRI a 2022
Subyek Perkerasan Jalan, Manual Desain Perkerasan Jalan 2
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan Teknik Sipil
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua