Detail Cantuman Kembali
Siti Nur Hidayah - Personal Name

Deiksis Dalam Rubrik Opini Kaltim Post Agustus 2019 Serta Fungsinya Sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA.

Siti Nur Hidayah. 2022. Deiksis Dalam Rubrik Opini Kaltim Post Agustus 2019 Serta Fungsinya Sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Pembimbing (1) Drs. M. Rusydi Ahmad, M.Hum. (2) Dr. Syaiful Arifin, M.Hum
Kata Kunci: Deiksis, Rubrik Opini, Bahan Ajar
Perubahan konteks tuturan atau wacana tak jarang dapat mengakibat kesalahan penggunaan deiksis dalam sebuah tuturan atau wacana. Hal ini mendorong untuk mengetahui maksud tuturan atau wacana tersebut. Dalam surat kabar, khususnya rubrik opini, penggunaan deiksis yang tepat dapat membuat surat kabar tersebut untuk lebih mudah dipahami. Opini merupakan produk jurnalistik yang merupakan tulisan tentang pandangan atau opini seseorang dari berbagai profesi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bentuk deiksis dalam rubrik opini Kaltim Post edisi Agustus 2019 dan fungsinya sebagai bahan ajar pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data berasal dari rubrik opini harian Kaltim Post edisi Agustus 2019. Data diperoleh dengan menggunakan teknik simak dan catat. Adapun hasil dari penelitian ini adalah 1) ditemukan 5 jenis deiksis yakni deiksis persona (saya, kita, anda, dia, -nya, mereka) deiksis sosial (dosen, jamaah haji, Bappenas), deiksis tempat (ini dan itu), deiksis waktu (minggu lalu, tahun ini, 2045 nanti) dan deiksis wacana(anafora dan katafora) 2) rubrik opini Kaltim Post edisi Agustus 2019 memenuhi kriteria sebagai bahan ajar pembelajaran teks editorial di SMA.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Deiksis Dalam Rubrik Opini Kaltim Post Agustus 2019 Serta Fungsinya Sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA.
Pengarang Siti Nur Hidayah - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SIT d 2022
Subyek Deiksis, Rubrik Opini, Bahan Ajar
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua