PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PT. DAIHATSU SAMARINDA
Penjualan mobil Daihatsu selama tahun 2015 hingga 2021 cenderung mengalami penurunan, oleh karena itu perusahaan perlu untuk melakukan evaluasi mencari tahu faktor-faktor penyebabnya. Untuk melakukan proses pemasaran sebuah usaha terlebih pada bidang jasa, terdapat tujuh elemen dasar yang harus diperhatikan oleh perusahaan agar target pemasaran dapat tercapai. Tujuh elemen dasar strategi pemasaran tersebut yaitu, produk (product), harga (price), lokasi atau distribusi (place), dan promosi (promotion), proses (process), lingkungan fisik (physical environtment), dan orang (people). Setalah memehami tujuh elemen dasar strategi dalam pemasaran, maka diharapkan perusahaan bisa memenuhi apa yang dibutuhkan, diinginkan, dan diminta oleh konsumen. Berdasarkan hal diatas, maka setiap perusahaan atau dalam hal ini adalah PT. Astra Daihatsu harus dapat melakukan upaya pembuatan produk dan menciptakan proses pelayanan yang berkualitas baik untuk setiap konsumennya. Tujuan yang ingin di capai dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen PT. Daihatsu Samarinda. Grand Teori yang digunakan teori kualitas produk, kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen. Penelitian dilakukan dengan analisis instrumen validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, kemudian menggunakan alat analisis regresi linear berganda. Aplikasi statistik yang digunakan SPSS versi 26. Kualitas produk berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan konsumen PT. Daihatsu Samarinda. Hasil penelitian diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05. Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan konsumen PT. Daihatsu Samarinda. Hasil penelitian diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis Uji F atau Uji Simultan diperoleh nilai signifikan (0,000) < (0.05) dan nilai Fhitung = 67,975 > Ftabel = 3,09. Karena probabilitas lebih kecil dari 0,05 maka variabel Kualitas produk dan Kualitas pelayanan secara simultan mempunyai pengaruh signifikan Terhadap Kepuasan konsumen PT. Daihatsu Samarinda.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PT. DAIHATSU SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | Nidya Nanda Prisilia Irwan - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NID p 2021 |
Subyek | Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pela |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | ADMINISTRASI BISNIS |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY