Peningkatan hasil belajar matematika materi bangun datar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada siswa kelas IV SD Kreatif Muhammadiyah 2 Bontang tahun pembelajaran 2021/2022
Sabillah Nur Ramadania, 2022. Peningkatan Hasil Belajar Matematika materi Bangun Datar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair pada Siswa Kelas IV SD Kreatif Muhammadiyah 2 Bontang Tahun Pembelajaran 2021/2022. Skripsi dibimbing oleh (1) Mohammad Ilyas, M.Pd. dan (2) Sukriadi, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Bangun Datar, Think Pair Share.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Kreatif Muhammadiyah 2 Bontang tahun pembelajaran 2021/2022. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun datar dengan model kooperatif tipe Think Pair Share pada siswa kelas IV SD Kreatif Muhammadiyah 2 Bontang tahun pembelajaran 2021/2022? Maka tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun datar dengan model kooperatif tipe Think Pair Share pada siswa kelas IV SD Kreatif Muhammadiyah 2 Bontang tahun pembelajaran 2021/2022.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 09 Februari 2022 s/d 22 Februari 2022 di SD Kreatif Muhammadiyah 2 Bontang dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 26 siswa dan objek penelitian adalah hasil belajar Matematika materi bangun datar dengan model kooperatif tipe Think Pair Share. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan nilai rata-rata, dan persentase.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Matematika materi bangun datar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada siswa kelas IV SD Kreatif Muhammadiyah 2 Bontang tahun pembelajaran 2020/2021 meningkat. Peningkatan tersebut terbukti dari silkus I menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 14,06% dari nilai rata-rata 61,96 pada nilai dasar menjadi 70,67 dengan predikat cukup dan persentase ketuntasan sebesar 61,54%. Pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 30,66% dengan nilai rata-rata menjadi 80,96 dengan predikat baik dan persentase ketuntasan sebesar 88,46%. Sehingga persentase ketuntasan pada siklus II telah mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan yaitu 80% dari jumlah siswa di kelas dengan nilai KKM ≥ 75.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Peningkatan hasil belajar matematika materi bangun datar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada siswa kelas IV SD Kreatif Muhammadiyah 2 Bontang tahun pembelajaran 2021/2022 |
---|---|
Pengarang | SABILLAH NUR RAMADANIA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SAB p 2022 |
Subyek | Hasil Belajar Matematika, Bangun Datar, Think Pair Share |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY