Detail Cantuman Kembali
RISKA - Personal Name

Peningkatan Hasil Belajar PPKn Materi Sikap Bersatu Tema 5 Subtema 2 Dengan Model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas III SD Kreatif Muhammadiyah 2 Bontang Tahun Pembelajaran 2021/2022

Riska, 2022. Peningkatan Hasil Belajar PPKn Tema 5 Subtema 2 Materi Sikap Bersatu Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kelas III SD Kreatif Muhammadiyah 2 Bontang Tahun Pembelajaran 2021/2022. Pembimbing I Dr. Mohammad Ilyas, M.Pd dan Pembimbing II Sukriadi, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar PPKn, Sikap Bersatu, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar PPKn siswa kelas III SD Kreatif Muhammadiyah 2 Bontang tahun pembelajaran 2021/2022. Rumusan masalah dalam penelitian ini “Bagaimana meningkatkan hasil belajar PPKn tema 5 subtema 2 materi sikap bersatu menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas III SD Kreatif Muhammadiyah 2 Bontang tahun pembelajaran 2021/2022?”. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar PPKn tema 5 subtema 2 materi sikap bersatu menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas III SD Kreatif Muhammadiyah 2 Bontang tahun pembelajaran 2021/2022.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Kreatif Muhammadiyah 2 Bontang yang berjumlah 31 orang siswa dan objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar PPKn materi sikap bersatu menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rata-rata, persentase dan grafik.
Dari hasil penelitian dan pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar PPKn materi sikap bersatu menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas III SD Kreatif Muhammadiyah 2 Bontang tahun pembelajaran 2021/2022 mengalami peningkatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar dari pra siklus sebesar 63,06 dengan persentase siswa tuntas 25,8% menjadi 71,29 pada siklus I dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 13,05% dan persentase siswa tuntas 61,3%. Pada siklus II nilai rata-rata menjadi 83,23 dengan persentase peningkatan hasil belajar dari pra siklus sebesar 32,0% dan persentase siswa tuntas 90,3%.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Peningkatan Hasil Belajar PPKn Materi Sikap Bersatu Tema 5 Subtema 2 Dengan Model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas III SD Kreatif Muhammadiyah 2 Bontang Tahun Pembelajaran 2021/2022
Pengarang RISKA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RIS p 2022
Subyek Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
Hasil Belajar PPKn, Sikap Bersatu,
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua