Pengembangan Video Pembelajaran Kimia Pada Materi Ikatan Kovalen
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa pada materi ikatan kovalen dan minimnya media pembelajaran kimia yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar di SMA Negeri 2 Penajam Paser Utara selama pembelajaran online. Penelitian pengembangan media video pembelajaran pada materi ikatan kovalen sangat diperlukan sebagai salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui validitas video pembelajaran kimia dalam mengatasi kesulitan belajar pada materi ikatan kovalen. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Alesi & Trolip dengan 3 tahapan (Planning, Design, Development) dan setiap tahapan terdapat 3 atribut (Standar, Evaluasi berkelanjutan, Manajemen proyek). Berdasarkan hasil uji validitas dengan ahli materi, ahli media dan praktisi didapatkan persentase berturut-turut yaitu 86,40%, 93,78% dan 85,71% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil uji reliabilitas oleh ahli materi dan ahli media didapatkan persentase berturut-turut yaitu 97,70% dan 90,40%, video pembelajaran ikatan kovalen dinyatakan reliabel. Penelitian video pembelajaran dapat dilanjutkan ke tahap uji coba kepada siswa untuk mengetahui tingkat kepraktisan dan keefektifan video pembelajaran ikatan kovalen.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengembangan Video Pembelajaran Kimia Pada Materi Ikatan Kovalen |
---|---|
Pengarang | Anita Setiawati - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ANI p 2022 |
Subyek | Kesulitan Belajar video pembelajaran Ikatan Kovalen |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Kimia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY