Detail Cantuman Kembali
MILA ANDINI - Personal Name

Penerapan Kegiatan Finger Painting dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di Kelurahan Melayu Tenggarong Tahun 2021.

Mila Andini, 2021. Penerapan Kegiatan Finger Painting dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di Kelurahan Melayu Tenggarong Tahun 2021. Penelitian ini di bimbing oleh Dr. Malpaleni Satriana, M.Pd. selaku pembimbing I dan Masnurima Heriansyah, S.Pd, M.Pd. selaku Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan kegiatan finger painting dalam mengembangkan motorik halus anak usia 4-5 tahun di Kelurahan Melayu Tenggarong. (2) mengetahui perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun di Kelurahan Melayu Tenggarong. Desain Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian meliputi 5 orang anak yang bertempat tinggal di Kelurahan Melayu Kecamatan Tenggarong teidiri dari 4 anak perempuan dan 1 anak laki-laki. Objek Penelitian ini adalah penerapan finger painting dalam mengembangkan motorik halus anak usia 4-5 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Milles dan Huberman terdiri dari beberapa tahap (a) reduksi data, (b) penyajian data, dan (c) penarikan simpulan dan verifikasi. Kesimpulan dari penelitian ini, yaitu: (1) Penerapan kegiatan finger painting dalam mengembangkan motorik halus anak di Kelurahan Melayu Tenggarong sudah dilakukan dengan baik, terlihat jari-jari anak bergerak dan bergesekan dengan cat dan media lukisnya, anak mengenal berbagai warna dan bentuk, ada peningkatan daya imajinasi dan kreativitas, meningkatkan koordinasi mata dan tangan anak, melatih konsentrasi, serta anak dapat mengekpresikan emosinya melalui kegiatan tersebut. Adapun pelaksanaannya dilakukan di rumah dan didampingi oleh orangtua masing-masing anak (subyek). Hal tersebut juga dapat dilihat saat proses kegiatan finger painting berlangsung, anak sudah dapat mengkoordinasikan mata dan tangannya. Terlihat anak juga dapat menggunakan tangan dan jari-jarinya untuk melukis dengan baik. (2) perubahan yang ditunjukkan oleh masing-masing anak yaitu gerakan motorik yang lentur, gesit, dan lincah dalam menggunakan jari-jemari tangannya dan anak juga menunjukan perkembangan motorik halus sesuai dengan aspek yang telah dicapai. Capaian saat anak melakukan kegiatan finger painting bisa dikatakan sudah BSB (berkembang sangat baik).

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Penerapan Kegiatan Finger Painting dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di Kelurahan Melayu Tenggarong Tahun 2021.
Pengarang MILA ANDINI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MIL p 2022
Subyek Anak Usia 4-5 Tahun, Kegiatan Finger Painting,
Perkembangan Motorik Halus
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua