Detail Cantuman Kembali
JUNERI SASMIYATI - Personal Name

Deskripsi Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Selama Masa Pandemi Covid-19 pada Materi Aritmetika Sosial di Kelas VIIA SMP Negeri 1 Barong Tongkok Tahun Ajaran 2020/2021.

Juneri Sasmiyati. 2021. Deskripsi Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Selama Masa Pandemi Covid-19 pada Materi Aritmetika Sosial di Kelas VIIA SMP Negeri 1 Barong Tongkok Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman. Dosen Pembimbing: (I) Drs. JR. Watulingas dan (II) Dr. H. Abd. Basir, M.Si.
Matematika merupakan salah satu bidang studi penting yang untuk dipelajari dan diwajibkan dalam suatu satuan pendidikan. Pembelajaran matematika saat ini dilakukan secara jarak jauh karena pandemic Covid-19 yang melanda, salah satunya di SMP Negeri 1 Barong Tongkok.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan kegiatan pelaksanaan pembelajaran matematika pada masa pandemic Covid-19. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Barong Tongkok dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VIIA. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi, menampilkan, dan menyimpulkan data, setelah itu ditulis dalam bentuk narasi deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru matematika mempersiapkan RPP secara singkat dan jelas. Pelaksanaan pembelajaran matematika dilakukan melalui grup whatsapp dan youtube sebagai sumber belajar. Kendala jaringan dan ketidakmampuan orang tua siswa dalam pemenuhan kuota menjadi salah satu faktor pembelajaran tidak dapat dilakukan secara daring atau tatap muka virtual. Karenanya pembelajaran jarak jauh memiliki fleksibilitas dalam pelaksanaannya sehingga siswa didorong untuk semakin mandiri dalam belajar. Pembelajaran jarak jauh membutuhkan pendampingan dari orang tua siswa, namun tidak semua orang tua mampu mendampingi pembelajaran siswa secara langsung dikarenakan berbagai kesibukan. Namun meskipun demikian, orang tua tetap mendukung dan memastikan siswa mengikuti kegiatan pembelajaran serta menyediakan sarana prasarana untuk mengakses pembelajaran jarak jauh.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Deskripsi Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Selama Masa Pandemi Covid-19 pada Materi Aritmetika Sosial di Kelas VIIA SMP Negeri 1 Barong Tongkok Tahun Ajaran 2020/2021.
Pengarang JUNERI SASMIYATI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI JUN d 2022
Subyek Deskripsi, Pelaksanaan Pembelajaran Matematika
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN MATEMATIKA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua