Detail Cantuman Kembali
FELYA ANGGRAINI FAHLEVI - Personal Name

PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL COSTUMER SERVICE PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA DATEL TENGGARONG DALAM MENANGANI KELUHAN PELANGGAN PADA JARINGAN INTERNET

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran komunikasi interpersonal costumer service PT Telkom Indonesia Datel Tenggarong dalam menangani keluhan pelanggan pada jaringan internet agar mampu memberikan kepuasan pada pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini difokuskan pada gambaran komunikasi interpersonal bagian pelayanan/costumer service yang menangani keluhan pelanggan terhadap produk yang ditawarkan dengan memperhatikan ciri-ciri komunikasi interpersonal yaitu; arus pesan dua arah, suasana nonformal, umpan balik yang cepat, komunikasi dengan jarak dekat. Berdasarkan hasil penelitian peran komunikasi arus pesan dua arah telah dilakukan dengan menunjukkan senyuman dan sapaan kepada pelanggan sehingga pelangganpun menanggapi komunikasi tersebut. Pada suasana nonformal costumer service berupaya tetap memberikan pelayanan maksimal pada pelanggan. Umpan balik yang cepat dapat saling diterima dan diberikan baik oleh pelanggan maupun costumer service. Costumer service dan pelanggan melakukan komunikasi jarak dekat, dalam arti dekat fisiologis saling bertatap mukanya ditandai adanya kontak mata pada para pelaku komunikasi dan dekat secara psikologis. Dalam komunikasi terjadi proses mengirim dan menerima pesan secara simultan dan spontan, interaksi ini sudah didukung dengan penggunaan keterampilan komunikasi yang bersifat nonverbal seperti kontak mata, senyum, mimik muka serta gesture tubuh antar pengirim dan penerima pesan.
Kata Kunci : costumer service, komunikasi, pelanggan, pelayanan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL COSTUMER SERVICE PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA DATEL TENGGARONG DALAM MENANGANI KELUHAN PELANGGAN PADA JARINGAN INTERNET
Pengarang FELYA ANGGRAINI FAHLEVI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI FEL p 2022
Subyek costumer service, komunikasi, pelanggan, pelayanan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Ilmu Komunikasi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua