Detail Cantuman Kembali
PURWANINGSIH EKA ARIANI - Personal Name

Kemampuan Menyelesaikan Soal Matematika Materi Persamaan Trigonometri Berdasarkan Langkah Pemecahan Masalah Polya Kelas XI SMA Negeri 1 Sangatta Utara Tahun Ajaran 2021/2022.

Ariani, Purwaningsih Eka. 2022. Kemampuan Menyelesaikan Soal Matematika Materi Persamaan Trigonometri Berdasarkan Langkah Pemecahan Masalah Polya Kelas XI SMA Negeri 1 Sangatta Utara Tahun Ajaran 2021/2022.
Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Mulawarman. Pembimbing: (1) Dr. Sugeng, M.Pd dan (2) Drs. Berahman, M.Si. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan menyelesaikan soal matematika materi Persamaan Trigonometri berdasarkan langkah pemecahan masalah Polya kelas XI SMA Negeri 1 Sangatta Utara tahun ajaran 2021/2022.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2021. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 di SMA Negeri 1 Sangatta Utara tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 70 siswa, sedangkan objek penelitiannya adalah kemampuan siswa menyelesaikan soal matematika materi Persamaan Trigonometri berdasarkan langkah pemecahan masalah Polya. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis bentuk uraian sebanyak 3 butir soal dengan materi Persamaan Trigonometri. Uji coba instrumen dilakukan di kelas XI IPA 3 dan memperoleh hasil indeks kesukaran yaitu 2 butir soal kategori sedang, 1 butir soal kategori sukar, dengan indeks pembeda signifikan dan reliabilitas 0,637. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif, yaitu menentukan persentase banyak siswa berdasarkan aspek pemecahan masalah Polya pada tiap butir soal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan siswa menyelesaikan soal matematika materi Persamaan Trigonometri berdasarkan langkah pemecahan masalah Polya dalam kategori rendah dengan nilai rata-rata sebesar 46,88. Kemampuan pada langkah memahami masalah dan merencanakan penyelesaian dalam kategori sedang, namun kemampuan pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali masih rendah. Hal ini ditunjukkan pada butir soal nomor 1 yang dapat menyelesaikan langkah memahami masalah sebanyak 67 siswa, merencanakan penyelesaian sebanyak 64 siswa, melaksanakan rencana penyelesaian sebanyak 45 siswa dan memeriksa kembali jawaban sebanyak 27 siswa. Pada butir soal nomor 2 yang dapat menyelesaikan langkah memahami masalah sebanyak 46 siswa, merencanakan penyelesaian sebanyak 35 siswa, melaksanakan rencana penyelesaian sebanyak 14 siswa dan memeriksa kembali jawaban sebanyak 13 siswa. Pada butir soal nomor 3 yang dapat menyelesaikan langkah memahami masalah sebanyak 51 siswa, merencanakan penyelesaian sebanyak 43 siswa, melaksanakan rencana penyelesaian sebanyak 1 siswa dan memeriksa kembali jawaban sebanyak 1 siswa.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Kemampuan Menyelesaikan Soal Matematika Materi Persamaan Trigonometri Berdasarkan Langkah Pemecahan Masalah Polya Kelas XI SMA Negeri 1 Sangatta Utara Tahun Ajaran 2021/2022.
Pengarang PURWANINGSIH EKA ARIANI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI PUR k 2022
Subyek Kemampuan, Menyelesaikan Soal,
Pemecahan Masalah, Persamaan Trigonometri
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN MATEMATIKA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua