Detail Cantuman Kembali
SITI HARDIYANTI - Personal Name

Pengembangan Media Pembelajaran “Educhem Hidrokarbon” Berbasis Green Chemistry dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Pokok Bahasan Tata Nama Senyawa dan Isomer Hidrokarbon Di MA Sabilarrasyad Samarinda

Siti Hardiyanti , 2021 Pengembangan Media Pembelajaran Educhem Hidrokarbon Berbasis Green Chemistry dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Pokok Bahasan Tata Nama Senyawa dan Isomer Hidrokarbon Di MA Sabilarrasyad Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh pembimbing Prof. Dr. H. Laode Rijai.,M.Si selaku dosen pembimbing I dan Dr. Hj. Herliani., M.Pd selaku dosen pembimbing II
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Educhem Hidrokarbon Berbasis Green Chemistry dengan menggunakan model pembelajaran Discovery learning pada pokok bahasan tata nama senyawa dan Isomer Hidrokarbon yang valid, efektif dan praktis. Penelitian ini menerapkan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan pendekatan Brog and Gall. Sampel penelitian ini adalah 44 siswa kelas XI IPA Putera dan XI IPA Puteri di MA Sabilarrasyad Samarinda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket validasi, angket respon siswa, soal pre-test dan post-test dan observasi aktifitas siswa. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, validitas media memperoleh presentase 97,77 % dari validator media, 91,8 % dari vaidator materi, dan 92,23 % dari praktisi pembelajaran dengan kategori sangat valid. Efektivitas media diukur dari hasil belajar siswa (Pre Test dan Post Test), rata-rata pre test pada uji coba skala kecil sebesar 34,5 dan post test sebesar 81, rata-rata pre test uji coba skala besar sebesar 34,75 dan post test sebesar 82,16. Hasil analisis N-Gain diperoleh nilai N-gain skala kecil 0,71 dan N-gain skala besar 0,73. Efektivitas media juga diukur berdasarkan aktivitas siswa pada uji skala kecil aktivitas siswa sebesar 90,71 % dan uji coba skala besar 92,99%. Kepraktisan diukur melalui angket respon siswa dengan persentase 89,76% skala kecil dan 93,53 % skala besar dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan validitas, efektivitas, dan kepraktisan media pembelajaran Educhem Hidrokarbon Berbasis Green Chemistry yang dibuat, maka produk tersebut dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran pada pokok bahasan tata nama senyawa dan isomer hidrokarbon

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengembangan Media Pembelajaran “Educhem Hidrokarbon” Berbasis Green Chemistry dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Pokok Bahasan Tata Nama Senyawa dan Isomer Hidrokarbon Di MA Sabilarrasyad Samarinda
Pengarang SITI HARDIYANTI - Personal Name
No. Panggil TESIS SIT p 2021
Subyek Educhem Hidrokarbon, Research and Development (R&D
Brog and Gall, Tata Nama Senyawa, Isomer Hidrokarb
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan MAGISTER PENDIDIKAN KIMIA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua